Bagaimana Hukum Mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha?

0
66
Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha

Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha – Sobat Cahaya Islam, hari raya Idul Adha 2021 jatuh pada tanggal 20 Juli. Sudah dua kali kita memperingati hari raya Idul Adha dalam kondisi pandemi yang belum reda. Tahun ini banyak kerabat juga teman yang mengucapkan mohon maaf lahir dan batin idul adha secara online.

Tentu berbeda rasanya dengan perayaan Idul Adha dua tahun lalu. Mengingat kembali sejarah Idul Adha akan membawa kita pada masa sebelum Islam datang. Zaman dahulu orang Arab Jahiliyah menyembelih hewan kurban untuk dipersembahkan ke patung berhala. Kemudian, darahnya dipercikkan di sekitar patung berhala.

Selain sejarah kurban pra Islam, kisah Nabi Ibrahim AS menjadi sejarah yang tidak bisa kita lupakan. Ketaatan Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah patut kita jadikan teladan. Padahal, Allah hanya ingin mengujinya. Ternyata Ibrahim dan Ismail adalah sebenar-benarnya hamba yang taat dan ikhlas atas perintah Allah.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.” (QS: Al-Hajj Ayat 34)

Sobat Cahaya Islam, meski perayaan Idul Adha kali ini kita lalui ditengah-tengah pandemi. Namun, Sobat tetap dapat mengucapkan mohon maaf lahir dan batin idul adha secara online atau virtual. Pandemi dan PPKM tidak menghalangi langkah silaturahmi kita ikut terhenti.

Hukum Mengucapkan dan Ungkapan Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha

Penyembelihan hewan kurban identik dilakukan saat hari raya Idul Adha. Berbeda dengan hari raya Idul Fitri yang identik dengan saling bermaaf-maafan. Namun, bagaimanakah hukum mengucapkan mohon maaf lahir dan batin pada hari raya Idul Adha? Lalu, ungkapan apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin idul adha?

1. Hukum Mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha

Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha

Sebenarnya tidak ada aturan resmi, larangan, atau anjuran untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin . Namun, tidak ada salahnya jika kita mengucapkan mohon maaf pada saat hari raya Idul Adha. Sebab, kita tidak harus menunggu Idul Fitri tiba untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin pada kerabat atau teman.

2. Ungkapan-ungkapan Mohon Maaf Lahir Batin

Mohon Maaf Lahir dan Batin Idul Adha

Merayakan Idul Adha dalam kondisi pandemi membuat aktivitas bertemu dengan teman atau sekadar menyaksikan penyembelihan hewan kurban menjadi berkurang. Salah satu cara merayakannya adalah dengan mengirimkan ucapan mohon maaf lahir dan batin . Berikut ini beberapa contoh:

  • Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Mohon maaf lahir dan batin. Mari memperkuat jiwa semangat berbagi pada sesama. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  • Selamat Hari Raya Idul Adha! Semoga kurban kita diterima oleh Allah dan dapat membantu serta memberi manfaat pada sesama.
  • Dengan segala kerendahan hati, kami sekeluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Adha.

Itu tadi beberapa hal terkait hukum dan ucapan mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita dapat berjuang menghadapi pandemi Covid, dan dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail. Aamiiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY