Ayah Dalam Islam? Ini Peran dan Kewajibannya Menurut Islam!

0
23
Ayah Dalam Islam dan Begini Perannya Menurut Islam

Ayah dalam islam – Seorang ayah memiliki peran tertinggi dalam sebuah keluarga. Bukan hanya sebagai ayah, namun juga sebagai seorang kepala keluarga atau suami. Inilah kenapa seorang laki-laki memikul banyak tanggung jawab dalam keluarga. Seorang ayah juga harus menjadi teladan dan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Sehingga anak bisa berkembang dengan baik karena adanya sosok ayah yang hebat. Biasanya kepribadian anak akan dipengaruhi dengan kepribadian dan cara didik kedua orang tuanya.

Ayah Dalam Islam dan Begini Perannya Menurut Islam

Ayah, disebutkan dalam islam sebagai sosok yang memiliki peran penting dalam keluarga. Dalam islam pun juga disebutkan apa saja yang menjadi kewajiban dari sosok ayah. Maka dari itu, kaum laki-laki harus mengetahui apa saja peran dan kewajiban sebagai seorang ayah dalam keluarga. Mau tahu apa saja peran dan kewajibannya menurut islam?

Ayah Dalam Islam? Ini Peran dan Kewajiban Seorang Ayah Menurut Islam

Ayah dalam islam memikul tanggung jawab yang besar untuk keluarganya. Apalagi seorang laki-laki bukan hanya berperan sebagai ayah namun juga sebagai seorang kepala keluarga. Layaknya sebuah kapal, maka laki-laki adalah nahkodanya. Maka dari itu, islam mengatur peran dan kewajiban dari seorang ayah dalam keluarga. Jika laki-laki berhasil menjalankan perannya, maka ini akan menciptakan keluarga yang harmonis sesuai syariat islam.

Lalu apa saja peran seorang ayah dalam keluarga menurut islam?

Menjadi Pemimpin Untuk Keluarganya

Ayah Dalam Islam dan Kewajibannya Dalam Keluarga

Seorang ayah dalam keluarga mengambil peran sebagai seorang pemimpin. Ini artinya akan bagaimana keluarga, tergantung dari bagaimana sosok ayah menjalankan perannya. Dalam islam sendiri, pemimpin adalah seorang yang harus mampu membawa keluarga ke jalan Allah. Sehingga dapat menciptakan keluarga islam yang bahagia dan harmonis.

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.(1)

Pencari Nafkah Untuk Keluarga

Ayah Dalam Islam dan Ini Perannya Menurut Islam

Salah satu peran seorang ayah dalam keluarga adalah sebagai pencari nafkah. Dimana seorang ayah atau pemimpin keluarga harus mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Sehingga istri dan anak bisa makan dan minum dengan layak tentu saja.

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf.(2)

Menjadi Seseorang Yang Menjaga Keluarganya

Seorang ayah juga mengambil peran sebagai orang yang menjaga keluarganya. Terutama menjaga dari panasnya api neraka. Dengan kata lain, seorang ayah harus mampu membawa keluarga pada jalan yang baik, mendidik anak-anaknya agar menjadi sosok yang sholeh dan sholehah dan juga membimbing istri agar senantiasa menjadi menanamkan nilai-nilai islam. Sehingga menjauhkan keluarga dari ancaman api neraka dan mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;(3)

Ayah dalam islam – memiliki banyak peran dan kewajiban yang harus dilakukan. Itu sebabnya, seorang laki-laki harus mengerti nilai-nilai agama islam untuk bisa membawa keluarganya di jalan Allah SWT. Demikianlah sobat CahayaIslam, apa saja peran dan kewajiban seorang ayah.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 34

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 233

(3) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY