Long Weekend Bingung? Lakukan Ini Untuk Manfaatkan Libur Dengan Produktif Menurut Islam!

0
60
Long Weekend dan Memanfaatkan Dengan Kegiatan Produktif

Long weekend – Memasuki libur panjang di bulan Oktober ini tentu saja banyak kegiatan yang mungkin sudah sobat CahayaIslam persiapkan. Namun di masa pandemi sekarang ini, kegiatan di luar rumah mungkin masih dibatasi. Sehingga tidak sedikit yang akan memutuskan untuk menghabiskan libur panjang hanya di rumah saja. Mulai dari menikmati waktu bersama keluarga atau hanya bermalas-malasan saja. Eits, tentu tidak produktif ataupun bermanfaat jika liburan hanya dihabiskan dengan rebahan atau istilahnya bermalas-malasan.

Long Weekend dan Memanfaatkan Dengan Kegiatan Produktif

Libur panjang adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu, khususnya bagi para pekerja yang setiap hari masih menjalani rutinitas sebagai pekerja. Libur bisa menjadi solusi untuk beristirahat dan berhenti sejenak dari rutinitas yang melelahkan. Namun bagaimanapun, waktu adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dalam islam sendiri, kita dilarang untuk membuang waktu dengan sia-sia atau untuk hal yang tidak bermanfaat.

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (1)

Long Weekend Bingung? Ini Memanfaatkan Libur Dengan Produktif Menurut Islam

Long weekend menjadi libur panjang yang sangat ditunggu-tunggu. Namun itu bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan atau membuang waktu dengan sia-sia. Apalagi dalam islam, membuang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat sama dengan merugi. Itu sebabnya tidak dianjurkan untuk kaum muslimin membuang-buang waktu begitu saja. Terlebih lagi ada banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan lho sobat CahayaIslam untuk memanfaatkan libur panjang ini.

Menghabiskan Waktu Dengan Keluarga

Long Weekend dan Lakukan Ini Untuk Manfaatkan Libur

Untuk memanfaatkan libur panjang dengan hal-hal yang produktif, menghabiskan waktu dengan keluarga juga bisa menjadi solusinya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama lho. Seperti memasak bersama, menonton film bersama dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mempererat hubungan dalam keluarga semakin harmonis.

Melakukan Kegiatan Yang Produktif

Untuk menghabiskan libur panjang dengan hal-hal yang bermanfaat, maka bisa lakukan kegiatan yang produktif. Sehingga liburan tidak hanya dihabiskan untuk bermalas-malasan saja. Kegiatan produktif ini diantaranya mengerjakan tugas, membuat kerajinan misalnya, atau hal-hal lain yang bisa saja menguntungkan.

Melakukan Kegiatan Ibadah

Long Weekend Dengan Perbanyak Ibadah

Sebagai seorang muslim, waktu yang terbaik adalah waktu yang kita gunakan untuk berbuat baik atau memperbanyak amalan. Untuk memanfaatkan long weekend, sobat CahayaIslam bisa melakukan kegiatan keagamaan atau ibadah. Bukan hanya membuat waktu menjadi bermanfaat namun juga memperoleh lebih banyak amalan. Kita bisa mengisi liburan dengan memperbanyak waktu untuk membaca Al Quran, mengerjakan shalat sunnah, dan kegiatan ibadah lainnya.

Kaum muslimin yang memanfaatkan waktu dengan baik adalah golongan yang beruntung. Sementara yang membuang waktu dengan sia-sia, maka ia termasuk orang yang merugi. Itu sebabnya, dianjurkan bagi kita memanfaatkan waktu dengan produktif serta hal-hal bermanfaat.

Long weekend menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi libur panjang ini dengan bermanfaat. Jadi sobat CahayaIslam, demikian beberapa kegiatan yang bisa menjadi alternatif mengisi liburan dengan kegiatan bermanfaat lho.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-‘Asr Ayat 1-3

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY