Aska Ongi Korban KDRT, Ketahui 7 Tips Memilih Calon Suami Dalam Islam

0
46

Aska Ongi – Aska Ongi adalah seorang selebgram yang mengalami KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) oleh suaminya, Aliff Alli Khan. Suaminya merupakan aktor berkewarganegaraan Malaysia. Aska Ongi mengaku mendapat perlakuan tidak pantas dari suaminya. Mulai dari dipukul hingga ditampar.

Aska Ongi adalah Satu Dari Ribuan Korban KDRT

Kejadian yang dialami oleh Aska Ongi ini bukan kejadian langka dialami oleh perempuan. Sudah ribuan kasus di Indonesia, di mana istri mendapat perlakuan kejam dari pasangan hidupnya. Belajar dari banyak kasus KDRT, hendaknya Sobat Cahaya Islam yang muslimah perlu mengetahui tips memilih suami berdasarkan tuntunan Islam.

7 Tips Memilih Calon Suami Dalam Islam

Islam mengatur segalanya, termasuk dalam memilih jodoh. Berikut adalah 7 tips memilih calon suami dalam Islam sesuai dengan Qur’an dan hadist.

1. Pilih Yang Beragama Islam

Muslimah yang baik tentu akan memilih calon suami yang agamanya Islam. Allah telah berfirman dalam Al-Quran.

“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al Baqarah ayat 221)

2. Taat Beragama dan Baik Akhlaknya

Seorang wanita hendaknya memilih laki-laki yang beragama Islam dan baik akhlaknya serta taat dalam menjalankan perintah agama. Laki-laki yang taat beragama hatinya senantiasa mengingat Allah. Ia selalu merasa bahwa dia selalu diawasi oleh Allah. Rasa takut pada Allah membuatnya selalu hati-hati dalam bertindak.

Seseorang yang takut pada Allah tidak akan berperilaku hal-hal yang dilarang oleh agama. Dan Allah akan selalu menjaganya agar tidak melakukan perbuatan yang menyakiti diri sendiri dan orang lain. Itulah mengapa sobat muslimah Cahaya Islam harus memasukkan kriteria nomor dua ini saat mencari pasangan.

3. Memilih Calon Suami yang Menjauhi Kemaksiatan

Tips memilih calon suami dalam islam nomor 3 yaitu pilih calon suami yang menjauhi kemaksiatan. Suami yang baik bisa menjaga keluarganya dari segala jenis dosa dan menjauhkan keluarganya dari siksa neraka. Suami yang bisa menjaga diri dari kemaksiatan berarti dia juga bisa menjaga keluarganya.

4. Berasal Dari Keluarga Yang Baik

Seorang laki-laki baik berasal dari keluarga yang baik. Keluarga baik selalu mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berbuat baik kepada sesama. Seorang anak mendapat pelajaran akidah dan akhlak pertama kali dari keluarganya. Maka sobat muslimah ketika memilih jodoh, perhatikan dulu bagaimana keluarga dari calon suami.

5. Memiliki Semangat Berjihad

Berjihad ialah membela agama Islam yang dianutnya. Berjihad untuk agama tidak selalu dengan perang angkat senjata. Berjihad bisa dilakukan dengan memperbanyak ilmu agama, berdakwah, dan sebagainya. Laki-laki yang memiliki semangat dalam berjihad akan selalu melindungi keluarganya dari pengaruh-pengaruh yang bertentangan dengan syariat agama.

6. Bertanggung Jawab

Seorang laki-laki memiliki tanggung jawab untuk menafkahi istrinya baik lahir maupun batin setelah menikah nanti. Hukumnya wajib bagi seorang suami untuk menafkahi keluarganya dengan rezeki yang halal. Sangat penting memilih calon suami yang berkomitmen dan penuh rasa tanggung jawab untuk menjaga serta melindungi keluarganya.

7. Mempunyai Syahwat yang Sehat

Perempuan muslimah dianjurkan untuk memilih calon suami yang memiliki syahwat yang sehat. Sebab, perempuan tidak bisa menambah suami lagi jika suaminya tidak mampu memberi nafkah batin.

Berbeda dengan laki-laki. Laki-laki bisa menambah istri lagi apabila pihak istri tidak bisa memenuhi kebutuhan biologisnya. Selain itu, suami yang memiliki syahwat sehat akan membuat kehidupan keluarga menjadi harmonis dan penuh cinta.

Sangat penting sekali mengetahui tips memilih calon suami menurut Islam. Banyak kasus KDRT seperti yang dialami oleh Aska Ongi, karena perempuan tidak memperhatikan kriteria yang sudah dijelaskan oleh Quran maupun hadits.

Pada akhirnya yang menderita adalah kaum perempuan sendiri. Sobat Cahaya Islam khususnya yang muslimah, sembari menanti jodoh yang baik, sebaiknya juga menjaga diri. Karena wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik, begitupun sebaliknya.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!