Ashanty Katakan Banyak Kekurangan Sebagai Bundadari, Ini Manfaat Introspeksi Diri Dalam Islam

0
30
Ashanty Katakan 2

Ashanty katakan – Ashanty mendapatkan gelar sebagai bundadari karena dinilai sangat tulus dalam merawat Aurel dan Azriel sebagai putra putri sambungnya. Namun Ashanty justru merasa bahwa gelar ini cukup berat disandangnya. Ia mengatakan masih banyak kekurangan kekurangan, dan sebutan bundadari ini dianggap sebagai sebutan bagi perempuan yang baik tanpa adanya cela.

Ashanty Katakan 1

Dalam vlog bersama Maia Estianty ini, Maia mengatakan gelar ini diberikan kepada Ashanty tentu saja karena orang melihat ketulusan hatinya.

Sebagai seorang yang rendah hati, Ashanty tetap mengatakan merasa berat dan dengan gelar tersebut ia harus lebih ekstra untuk menjaga perilakunya. Tentu saja ini merupakan salah satu sikap yang baik. Pujian seharusnya tidak membuat kita merasa sombong, apalagi sebagai manusia tentu saja masih banyak kekurangan diri yang kita punya. Apalagi dalam islam juga diatur mengenai hukum memuji dan bagaimana menyikapi pujian itu sendiri.

Ashanty Katakan Banyak Kekurangan Sebagai Bundadari, Ini Manfaat Introspeksi Diri Dalam Islam

Ashanty Katakan 2

Ashanty katakan bahwa dirinya masih banyak kekurangan. Sehingga sebutan bundadari menjadi gelar yang berat untuk dirinya. Namun tentu saja, ini menjadi cerminan sikap seorang muslim karena islam sendiri mengajarkan kita untuk selalu muhasabah diri.

Dengan kata lain tidak lupa untuk introspeksi diri dan menyadari kekurangan diri. Islam juga melarang kaum muslimin untuk terbuai dengan pujian dari orang lain. Ini bisa membuat lupa diri lho sobat CahayaIslam.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa sangat penting bagi kaum muslimin untuk muhasabah dengan apapun yang telah kita lakukan. Sehingga dengan begitu kita juga bisa terus melakukan kebaikan-kebaikan dan tentu menyadari kesalahan yang diperbuat. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa ada banyak manfaat dari introspeksi diri lho menurut islam. Ini penjelasannya.

Ashanty Katakan 3

Tidak Menjadi Sombong

Dengan terus menyadari kekurangan diri dan introspeksi, maka ini akan membawa kita pada sikap rendah hati. Dan tentu saja menghindarkan dari kesombongan. Banyak orang terbuai dengan pujian sehingga merasa sudah cukup baik, yang akhirnya menghantarkan pada sifat sombong. Ini tentu saja tidak dibenarkan dalam ajaran islam dan bukan merupakan cerminan sikap seorang muslim.

Menjadi Motivasi Memperbaiki Diri

Jika kita senantiasa introspeksi diri maka ini akan mendorong diri kita untuk terus memperbaiki diri. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk memperbaiki diri dari hari ke hari. Sehingga ini akan semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT. Maka dari itu, penting sekali muhasabah atau introspeksi diri agar tidak lupa untuk selalu memperbaiki kesalahan yang diperbuat dan memantaskan diri untuk bekal di akhirat nanti.

Ashanty katakan – bahwa dirinya masih banyak kekurangan untuk menyandang gelar sebagai bundadari. Ini adalah sikap yang patut dicontoh ya sobat CahayaIslam, bahwa sebagai manusia kita harus senantiasa introspeksi diri.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hasyr Ayat 18

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY