Belajar Makna Kesabaran dan Introspeksi Diri

0
24
belajar makna kesabaran

Motivasi islam – Manusia merupakan makhluk yang lemah. Oleh karena itulah kita membutuhkan Allah dalam setiap lini kehidupan kita. Sebagai muslim yang baik kita Belajar Makna Kesabaran dan Introspeksi Diri dari firman – firman Nya dan mengetahui betul SOP (hehehe…) yang diberikan olehNya sebagai panduan untuk menyongsong kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat.

Belajar Makna Kesabaran dan Introspeksi Diri

Nah, salah satu hal mutlak yang pasti semua ciptaanNya lalui di dunia ini adalah Cobaan hidup. Kita sebagai orang islam yang beriman pastilah sudah sangat familiar dengan hal ini. Karena kita tahu bahwasanya cobaan ini merupakan sebuah ujian dari Allah kepada kita guna mengetahui sebenarnya seberapa besar dan kuat sih keimanan kita kepadaNya.

***

Eh, btw artikel ini merupakan artikel lanjutan dari postingan kita sebelumnya ya dengan tajuk yang sama yakni Motivasi islam dalam menghadapi cobaan. Dengan ulasan berisi 2 keyakinan penting yang harus dimiliki seorang beriman untuk Survive menghadapi cobaan yang datang (Cek artikelnya DISINI)

SOP Menghadapi Cobaan dari Allah: Bersabar dan Introspeksi Diri

Sahabat Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa sebenarnya hakikat dari sabar itu ibarat sebuah badan manusia yang utuh. Orang yang tidak memiliki kesabaran ibarat badan tanpa kepala (Hiii… serem dong). Kesabaran disini diibaratkan sebagai kepala. Dari beberapa penjelasan ulama, Sahabat Ali RA menyatakan analogi kepala disini sama dengan keimanan. Yang berarti keimanan dan kesabaran merupakan sebuah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

الصَّبْرُ مِنَ الإِيْمَانِ بِمَنْزِلَةِ الرَّأْسِ مِنَ الجَسَدِ، وَلَا إِيْمَانَ لِمَنْ لاَ صَبْرَ لَهُ.

Sabar dan iman adalah bagaikan kepala pada jasad manusia. Oleh karenanya, tidak beriman (dengan iman yang sempurna), jika seseorang tidak memiliki kesabaran. (Bahjatul Majalis wa Ansul Majalis, Ibnu ‘Abdil Barr, hal. 250, Mawqi’ Al Waroq). 

Introspeksi diri sebagai Penyempurna benteng untuk atasi Cobaan

Ada kalanya Allah ingin kita berubah menjadi diri yang lebih baik dengan mendatangkan cobaan dan musibah kepada kita. Hanya untuk kita bisa mengambil hikmah dari hal itu. Kita bisa belajar bahwa Allah selalu ada untuk kita. Dengan adanya musibah kita harus lebih peka kepada apa yang diinginkan Allah pada diri kita.

Apakah kita mungkin menjauh dariNya? Apakah kita banyak Melakukan Dosa? – Nah dengan adanya cobaan yang datang pada kita. Kita bisa lebih banyak mendekat dan mencoba memahami hal itu. Bukankah Allah telah berfirman dalam Surat As Syura tentang hal itu?

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy Syura: 30).

***

Nah, itulah sekiranya sedikit motivasi islam hadapi cobaan yang bisa kami berikan kepada sobat cahayaislam semuanya. Semoga dengan ini kita semua bisa lebih bisa mengasah skill kesabaran kita dalam menghadapi apapun cobaan dari Allah dan sanggup lebih peka dalam mengetahui apa yang kurang dari diri kita dengan introspeksi diri. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!