Bank Syariah Indonesia Milad ke-2 Tahun, Ini Keuntungan Menjadi Nasabah

0
189

Bank Syariah Indonesia – Biasa disingkat jadi BSI adalah salah satu jenis perbankan populer yang ada di tanah air. Sesuai dengan namanya, BSI merupakan layanan perbankan yang berlandaskan asas islam.

Karena itulah banyak orang yang tertarik untuk menabung di BSI. Hal ini karena begitu banyak keuntungan yang akan nasabah dapatkan dari menabung di BSI.

Kesuksesan Bank Syariah Indonesia

Baru-baru ini, pihak Bank Syariah Indonesia menggelar mahakarya berupa konser yang melibatkan ratusan orang. Mereka yang terlibat dalam konser BSI tersebut antara lain musisi, pekerja seni, event organizer, sampai tim kreatif.

Dalam konser tersebut, BSI mengangkat tema Perjalanan Sebuah Mahakarya. Konser ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan momen milad ke-2 tahun BSI.

Melalui tema itu, acara berjudul BSI Charity Concert 2023 pun sukses. Acara yang BSI kemas dalam aktivitas charity dan konser tersebut menjadi momentum bagi perbankan untuk mempertegas kontribusi dan langkahnya.

Adapun kontribusi BSI mencakup perekonomian nasional termasuk ekonomi dan keuangan syariah sekaligus kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bank Syariah yang ada di Indonesia

Bank Syariah Indonesia menambah persaingan layanan perbankan di Indonesia dengan penawaran kelebihannya tersendiri. Tak heran jika perayaan milad ke dua tahun BSI berlangsung meriah beberapa waktu lalu.

Sobat Cahaya Islam, ada baiknya Anda menghindari bank konvensional dan beralih ke sistem bank syariah yang ada di Indonesia. Hal ini rupanya sangat penting demi kebaikan di dunia dan di akhirat kelak.

Pasalnya perbankan syariah melakukan semua kegiatan ekonominya dengan berlandaskan hukum-hukum muamalah dalam agama islam. Adapun sumber hukum dalam perbankan syariah mengacu pada dua model pedoman besar bagi umat islam yaitu kitab suci Al Quran dan Hadist.

Keuntungan Menabung di Bank Syariah

Sebagai salah satu jenis perbankan di Indonesia, ada beberapa keuntungan bagi Sobat Cahaya Islam yang menabung di bank syariah. Apa saja keuntungan menabung di BSI? Berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda.

1.       Terbebas dari Riba

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bank syariah seperti BSI akan melakukan semua aktivitas sesuai hukum islam. Selain itu, BSI juga menerapkan semua peraturan berdasarkan Al Quran dan Hadist.

Oleh sebab itulah, BSI tidak menetapkan bunga bank yang kerap dikaitkan dengan riba. Pasalnya dalam agama islam, riba adalah hal yang haram.

Ini tertuang dalam Q.S Ali Imran ayat 130 yang berbunyi:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ الرِّبَا أَضْعَافاً مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ . وَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130).

Karena itulah, umat islam yang menabung di BSI akan terbebas dari transaksi riba.

2.       Menyimpan Uang dengan Benar dan Amanah

Di bank syariah, Anda juga bisa mempercayakan penyimpanan uang dengan benar dan Amanah. Pasalnya bank syariah memegang ajaran Q.S Al Baqarah ayat 283 yang berbunyi:

 “…Jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanahnya (titipannya) dan hendaklah ia bertakwa kepada Tuhannya…” (Qs. Al Baqarah ayat 283)

3.       Pengelolaan Dana Nasabah dengan Cara yang Halal

Di bank konvensional, uang nasabah yang disimpan di dalamnya akan mereka kelola dengan berbagai cara demi mendapat untung. Hal ini mencakup pemberian modal untuk diskotik maupun tempat terlarang lainnya.

Lain halnya dengan bank syariah sebab di sini semua pengelolaan dana akan mereka lakukan sesuai ajaran dan syariat islam sehingga dananya halal. Allah sendiri memerintahkan hambanya untuk mencari rezeki dengan cara yang halal seperti dalam Q.S Al Baqarah ayat 168 yakni:

 “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah: 168)

Dari keuntungan di atas, ada baiknya Anda segera menabung di Bank Syariah Indonesia sekarang juga. Dengan begitu, Anda bisa tetap hidup damai di dunia dan tidak melanggar perintah Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY