Apa Saja Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan?

0
32

Keutamaan Membaca Al-Qur’an – Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan penuh berkah dan rahmat Allah SWT. Berbagai amal ibadah yang dilakukan dilipatgandakan, salah satunya membaca Al-Qur’an.  Selain pahala yang dilipatgandakan, banyak Keutamaan Membaca Al-Qur’an Lainnya yang bisa diraih.

Sobat Cahaya Islam, membaca Al-Qur’an adalah salah satu amalan yang amat dianjurkan. Selain itu, perlu dipahami secara mendalam, karena Al-Qur’an merupakan salah satu pedoman hidup untuk umat muslim. Maka dari itu, membaca Al-Qur’an dan mengajarkannya adalah suatu keharusan untuk setiap muslim.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Pada dasarnya Keutamaan Membaca Al-Qur’an sangatlah banyak, tidak hanya di bulan Ramadhan saja, melainkan pada bulan-bulan lainnya. Banyak keutamaan yang bisa diraih, karena membacanya pun adalah suatu ibadah. Banyak keutamaan yang bisa diraih, di antara keutamaan tersebut yakni sebagai berikut:

1.   Pahala yang Berlipat Ganda

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwa setiap amalan akan lipatgandakan pahalanya jika dilakukan dengan niat yang baik. Begitu pun halnya dengan membaca Al-Qur’an, jika diniatkan dengan hati yang ikhlas  untuk beribadah kepada Allah SWT, maka keutamaannya pun akan diraih.

2.   Mendapatkan Syafaat

Semua muslim tentu ingin medapatkan syafaat dari Allah SWT. Hal ini bisa draih dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.  Siap saja yang membaca dan mengkaji Al-Qur’an dengan baik dan benar, maka hari Kiamat kelak akna diberikan syafaat untuknya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

 “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya” (Imam Muslim, Shahih Muslim, Beirut: Dar Ihya’ Ihya’ al-Turats al-Arabi, tt, juz 1, hal. 553).

3.   Menenangkan Hati

Selanjutnya, keutamaan lainnya yakni akan menenangkan hati setiap orang yang membacanya. Sebagaimana yang diketahui fungsi Al-Qur’an salah satunya adalah asy-syifa yang artinya obat untuk berbagai jenis penyakit jiwa.  Firman Allah SWT.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌۭ وَرَحْمَةٌۭ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًۭا

 “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. Al-Isra [17] : 82)”

4.   Lebih Produktif dalam Mengisi Waktu

Selain itu, membaca Al-Qur’an akan membuat waktu yang digunakan lebih produktif. Di bulan Ramadhan hendaknya dipenuhi dengan berbagai amalan untuk bekal di akhirat nanti. Seperti halnya dengan membaca Al-Qur’an dan berbagai amal ibadah lainnya.

5.   Dinaikkan Derajatnya

Keutamaan Membaca Al-Qur’an lainnya akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan dalam suatu hadits yang diriwayatkan Imam Muslim. Siapa saja umat muslim yang membaca Al-qur’an akan diangkat derajatnya. Sebaliknya akan direndahkan derajatnya, mereka yang tidak melakukannya.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah Keutamaan Membaca Al-Qur’an yang bisa diraih. Terutama di bulan Ramadhan ini yang amat dianjurkan untuk diisi dengan berbagai amalan ibadah yang bermanfaat. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk bisa mencapai syafaat dan maghfirah dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY