Audi Marissa Menjadi Ibu, Ibu yang Baik dalam Islam

0
134
audi marissa

Audi Marissa – Pada hari Rabu kemarin (7 April 2021), pasangan Audi Marissa dan Anthony Xie ditaburi kebahagiaan yang tak terkira. Pasalnya, pada dini hari telah lahir putranya yang pertama, dengan usia kandungan mencapai 31 minggu. Meskipun persalinannya lebih cepat, tapi anaknya bisa lahir dalam keadaan sehat dan normal.

Kini, Audi Marissa resmi menjadi ibu. Lalu, Sobat Cahaya Islam, bagaimana cara untuk menjadi ibu yang baik? Islam mengajarkan berbagai aspek kehidupan, begitu pun perihal menjadi ibu yang baik. Seorang ibu menjadi salah satu sosok yang senantiasa diselaraskan dengan sosok pahlawan. Mengapa demikian? Karena jasa-jasanya yang amat tak terkira.

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS. Luqman ayat 14 yang berbunyi:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Audi Marissa Menjadi Ibu, Inilah Cara Menjadi Ibu yang Baik dalam Islam

Seperti yang disinggung sebelumnya, seorang ibu menjadi sosok yang tangguh. Menjadi ibu bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Hanya perempuan beruntunglah yang bisa menjadi seorang ibu. Lalu, bagaimana cara menjadi ibu yang baik dalam Islam? Yuk kepoin!

1.   Senantiasa Memberikan Pujian Bagi Anak

Seorang ibu hendaknya memberikan pujian bagi sang anak ketika melakukan hal positif. Hal ini akan mendorong siakp positif dalam diri sang anak, serta menjadikannya lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan kebaikan lainnya.

Secara umum, manusia lebih suka dipuji, begitu pun dengan sang anak. Jangan sampai sang ibu, pelit memberikan pujian pada sang anak. Jika demikian, anak akan merasa kurang diperhatikan. Hal ini pun tentu akan berpengaruh pada perangai sang anak.

2.   Memberikan Contoh yang Baik

Jangan hanya sekedar memerintah, tapi cobalah untuk memberikan contoh yang baik. Hal ini akan mempermudah sang anak untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang baik akan senantiasa tertanam sebagai pengetahuan untuk sang anak yang ibu ajarkan melalui perbuatan secara langsung.

3.   Lemah Lembut Terhadap Anak

Seorang anak tentu memiliki sisi nakalnya masing-masing, ketika melakukan kesalahan hendaknya hindari memarahinya. Alih-alih memukulnya, berikan pelukan hangat dengan emosi yang penuh cinta.

Hindari marah yang menjadi salah satu emosi buruh yang bisa di tiru sang anak. Berikan nasihat dan sertai pelukan penuh kasih-sayang, tentunya akan lebih menenangkan sang buah hati.

4.   Mengatur Emosi Secara Baik

Hadapi segala sesuatu yang terjadi dengan emsoi yang baik. Hal ini sebagia salah satu langkah untuk bisa terhindar dari emosi buruk, seperti marah, putus asa, dan sebagainya. Selain itu, mengatur emosi yang baik, akan melatih kesabaran dalam diri. Maka dari itu, hendaknya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5.   Mengenali Kondisi Anak

Senantiasa mengenali kondisi anak, sang ibu di tuntut untuk peka terhadap perasaan sang anak. Jangan sampai sang anak merasa kurang di perhatikan dan akhirnya berpengaruh buruk pada tingkah lakunya.

Kapan anak merasa kesal? Kapan sang anak butuh waktu bermain bersama teman-temannya? Hal ini hendaknya di pahami sebaik mungkin, sehingga anak bisa tumbuh-kembang dengan baik.

6.   Yakini Bahwa Anda Salah Satu Perempuan Beruntung

Sadarilah bahwa tidak semua perempuan di berikan amanat oleh Allah SWT. yakini dalam hati bahwa Anda adalah perempuan beruntung, serta syukuri nikmat yang Allah SWT berikan. Dengan bersyukur, hati akan lebih damai dalam menjaga amanat dari Allah SWT. Senantiasa menanamkan tanggung jawab untuk bisa menjaga sang buah hati sebaik mungkin.

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, ulasan singkat terkait cara menjadi ibu yang baik dalam perspektif Islam. Resmi menjadi ibu, Audi Marissa bertaburan kebahagiaan yang hendaknya di hadapi dengan penuh syukur, mari kita senantiasa menjadi orang tua yang baik guna mencetak generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY