Angka Kemiskinan Gresik Tinggi? Kaum Muslimin Malulah Karena Beberapa Hal Ini, Bukan Malu Karena Miskin Harta!

0
29
Angka Kemiskinan Gresik 3

Angka kemiskinan Gresik – Menteri sosial yang tidak lain adalah Tri Rismaharini menanggapi pertanyaan tentang angka kemiskinan di kabupaten Gresik yang masih tinggi. Risma mengatakan tidak perlu malu dengan angka kemiskinan yang ada, namun bagaimana untuk menanganinya. Ia bahkan juga berpesan kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad untuk tidak malu dengan data ini. Sebelumnya Risma pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dengan angka kemiskinan yang juga cukup tinggi.

Angka Kemiskinan Gresik 1

Risma sendiri berhasil menurunkan angka kemiskinan di Surabaya hingga 5% pada periodenya. Itu sebabnya, ia mengatakan pada Bupati Gresik untuk mengupayakan langkah yang konkret agar bisa menekan angka kemiskinan.

Sobat CahayaIslam, kemiskinan bukanlah kejahatan yang membuat kita harus malu. Orang tidak harus malu hanya karena tidak berlimpah harta atau dilanda kemiskinan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini merupakan kondisi yang cukup sulit.

Angka Kemiskinan Gresik Tinggi? Kaum Muslimin Malulah Karena Beberapa Hal Ini, Bukan Malu Karena Miskin Harta

Angka Kemiskinan Gresik 2

Angka kemiskinan Gresik yang tinggi bukanlah sesuatu yang memalukan. Namun ini perlu adanya upaya dari pemerintahan daerah setempat untuk menekan angka kemiskinan. Dalam islam sendiri, kemiskinan bukanlah alasan bagi seorang muslim untuk putus asa. Apalagi kemudian hidup dengan tidak baik karena miskin. Sebagai manusia yang diciptakan memiliki kemampuan dan kondisi fisik yang sehat, ini bisa menjadi bekal untuk melakukan usaha dan ikhtiar.

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.

Allah memberikan rezeki bagi setiap makhlukNya. Kemiskinan dan kekayaan adalah karunia yang sudah Allah tetapkan sesuai dengan porsinya. Hal yang memalukan sebenarnya bukanlah kemiskinan. Apalagi Allah tidak pernah membedakan setiap hambaNya berdasarkan kekayaan yang dimiliki. Namun malulah karena beberapa hal berikut ini.

Miskin Hati

Angka Kemiskinan Gresik 3

Miskin harta bukanlah sesuatu yang memalukan. Kita masih bisa berusaha, mencari pekerjaan atau melakukan apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rezeki yang halal. Selama kaum muslimin tetap berikhtiar, maka Allah pasti memberi jalan keluar. Lalu miskin apa yang seharusnya membuat kita malu? Miskin hati. Malulah jika seseorang miskin hati, sehingga menghilangkan kebaikan dalam hatinya.

Miskin Amalan dan Kebaikan

Miskin yang sesungguhnya bukanlah tidak memiliki harta. Melainkan tidak memiliki amalan dan kebaikan. Malulah jika seorang muslim tidak melakukan kebaikan dan mengerjakan amalan. Hal ini karena bekal kita untuk akhirat nanti hanyalah apa yang kita perbuat di dunia ini. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kaum muslimin untuk memperbanyak amal dan juga ibadah. Juga jangan lupa untuk senantiasa berbuat baik.

Angka kemiskinan Gresik – yang tinggi bukanlah suatu hal yang memalukan. Sebagai seorang muslimin, harta bukanlah yang utama dalam kehidupan. Melainkan amal dan kebaikan, itu sebabnya malulah jika kita miskin hati dan juga miskin amal kebaikan. Sementara beberapa hal ini adalah bekal untuk diri kita di akhirat nanti ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 268

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY