Lee Donghae Digosipkan Pacaran, Ini Hukum Ghibah Dalam Islam

0
18

Lee Donghae – Digosipkan pacaran dengan sejumlah artis di Korea. Nyatanya, kabar yang beredar tentang Lee Donghae tersebut tidak ada yang benar. Membicarakan sesuatu tentang orang lain kepada orang banyak entah berita tersebut benar atau tidaknya itu disebut dengan ghibah.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk tidak membicarakan tentang aib orang lain. Mengapa? Aib adalah sesuatu yang dimiliki oleh orang lain yang tidak ingin ada seorang pun yang tahu mengenai hal tersebut.

Aib bisa berupa masa lalu, masalah, atau sesuatu hal yang bersifat pribadi yang kebenarannya hanya diketahui oleh orang tersebut. mengatakan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan orang lain itu adalah ghibah. Lalu, bagaimana hukumnya ghibah dalam Islam?

Hukum Ghibah dalam Islam Seperti yang Dialami Oleh Lee Donghae

Orang yang suka ghibah atau menceritakan tentang aib orang lain diumpamakan seperti orang yang suka memakan daging saudaranya sendiri. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan dia menceritakan sesuatu yang seharusnya tidak diceritakan.

Apabila yang diceritakan tersebut benar maka dia melakukan ghibah, akan tetapi jika yang diceritakan itu tidak benar maka dia telah melakukan fitnah terhadap orang yang dia ceritakan aibnya tersebut.

Sebagaimana Lee Donghae yang terus digosipkan pacaran yang ternyata berita tersebut tidak benar. Oleh karena itu, berita ini dapat dikatakan adalah ghibah atau fitnah karena berita tersebut adalah hoax.

Adapun hukum ghibah adalah haram menurut Islam. Akan tetapi, ada beberapa kondisi dimana ghibah diperbolehkan untuk dilakukan oleh seseorang. Sebagaimana hadist yang berbunyi:

 

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ» قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ «ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ». قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِى أَخِى مَا أَقُولُ قَالَ إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ – رواه مسلم

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bertanya: “Tahukah kamu, apa itu ghibah?” Para sahabat menjawab: ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.’ Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.’ Seseorang bertanya: ‘Wahai Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan?’ Rasulullah berkata: “Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu tentang dirinya, maka berarti kamu telah mengghibahnya (menggunjingnya). Namun apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah menfitnahnya (menuduh tanpa bukti).’” (HR Muslim No 6758).

Hukuman dari Allah Bagi Orang yang Melakukan Ghibah

Lalu, Apakah ada hukuman bagi orang yang melakukan ghibah tanpa didasarkan dengan kondisi di atas? Tentu saja ada. Hukuman yang akan diberikan Allah kepada orang-orang yang melakukan ghibah tanpa adanya dasar seperti kondisi diatas adalah:

1. Tidak Diampuni Allah

Seseorang yang melakukan ghibah tanpa adanya kondisi seperti diatas tadi, dia tidak akan menerima pengampunan dari Allah sebelum mendapatkan maaf dari orang yang dia ceritakan aibnya tersebut.

2. Dimasukkan Ke Dalam Neraka

Seseorang yang suka berghibah dan meninggal dalam keadaan belum mendapatkan maaf dari orang yang dighibahinya tersebut akan dimasukkan ke dalam neraka sebagai balasannya. Sholat dan amal kebaikan mereka akan diberikan kepada orang yang dighibahinya tersebut sampai sesuai dengan kadar dosa yang mereka perbuat karena ghibahnya.

3. Amal Perbuatannya Tidak Diterima Allah

Orang-orang yang suka melakukan perbuatan ghibah, amal perbuatannya tidak akan diterima oleh Allah sebelum mendapatkan maaf dari orang yang dijadikan bahan ghibahan tersebut.

4. Termasuk Orang yang Suka Bermaksiat

Orang yang suka ghibah akan dikategorikan sebagai orang yang suka bermaksiat. Hal tersebut dikarenakan dia melakukan dosa jariyah yang akan terus mengalir dosanya sebelum mendapatkan maaf dari orang yang dighibahinya.

Itulah hukum ghibah dalam Islam seperti yang dialami oleh Lee Donghae. Semoga kita dijauhkan dari melakukan perbuatan ghibah atau menyebarkan aib orang lain sebagaimana yang terjadi pada Lee Donghae yang merupakan salah satu anggota super junior. Amiiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!