Hidup Boros Bukan Sikap Seorang Muslim, Begini Kiat Dalam Berbelanja Bagi Wanita Menurut Islam

0
53
Hidup Boros 2

Hidup boros – Dalam kehidupan ini, wanita adalah sosok yang di anggap pandai dalam mengatur keuangan. Sehingga perannya dalam keluarga pun adalah mengatur ekonomi dan gaji suami dengan bijak.

Namun sayangnya, wanita juga memiliki kebiasaan yang mana gemar membeli barang-barang sehingga menjadikannya bersikap boros. Diskon ataupun promo biasanya menjadi incaran para kaum hawa untuk mendapatkan barang-barang yang di inginkannya dengan harga yang lebih murah.

Hidup Boros 1

Mengatur keuangan adalah salah satu komponen penting untuk mengatur laju ekonomi dengan baik. Baik dalam keluarga, organisasi dan lain sebagainya. Namun sikap boros yang tidak terkendali bisa menyebabkan berbagai permasalahan lho.

Apalagi bagi para wanita yang gemar membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang di inginkannya. Maka dari itu sobat CahayaIslam, pentingnya mengetahui bagaimana berbelanja dengan cara yang benar. Islam sendiri melarang kaum muslimin untuk boros.

Hidup Boros Bukan Sikap Seorang Muslim, Ini Beberapa Kiat Dalam Berbelanja Bagi Wanita Menurut Islam

Hidup Boros 2

Hidup boros bisa menyebabkan permasalahan ekonomi lho jika tidak di kendalikan dengan baik. Banyak hutang, bahkan kasus korupsi bisa dipicu karena kurangnya kemampuan dalam mengatur keuangan. Bagi seorang wanita, berbelanja adalah suatu kegiatan yang menyenangkan.

Namun perlu di perhatikan juga agar kebiasaan ini tidak menjerumuskan para wanita ke dalam perbuatan dosa. Apalagi dalam islam telah dijelaskan bahwasanya sikap boros adalah perbuatan syaitan.

وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.(1)

Dalam ayat ini, menegaskan bahwa golongan orang yang senang menghambur-hamburkan uang dengan boros maka ia merupakan saudara syaitan. Itu artinya, boros adalah perbuatan yang islam larang. Dan bisa menjadi sebab dosa juga lho bagi pelakunya. Lalu bagaimana kiat berbelanja yang benar bagi wanita menurut islam?

Hidup Boros 3

Mengutamakan Kebutuhan

Sebelum berbelanja, penting memastikan apa saja yang di butuhkan. Sehingga sebisa mungkin hindari berbelanja barang-barang yang di inginkan. Namun prioritaskan barang apa yang menjadi kebutuhan terlebih dahulu.

Dengan begitu, bisa mengendalikan diri dari keinginan untuk membelanjakan uang dengan barang-barang yang kurang bermanfaat. Jika memenuhi keinginan, maka tidak akan ada habisnya dan memicu sikap boros.

Buat Daftar Belanja dan Perhitungan

Untuk menghindari hidup boros, maka sebelum berbelanja sangat penting membuat daftar belanja. Barang apa saja yang di butuhkan dan lebih utama untuk di beli. Jangan lupa untuk membuat perhitungan juga. Sehingga bisa mengendalikan pengeluaran uang untuk belanja dan memperkirakan berapa banyak pengeluaran untuk belanja.

Hindari Melihat Situs Belanja

Hidup dengan boros bukanlah cerminan sikap seorang muslim, itu sebabnya kita perlu menghindarinya. Untuk berbelanja dengan bijak, maka kaum hawa sebaiknya berhenti melihat situs belanja. Biasanya situs belanja ini yang akan membuat kita ingin membeli banyak barang yang sebetulnya tidak terlalu di butuhkan. Dan ini akan membuat pengeluaran lebih boros.

Hidup boros – bukanlah sikap seorang muslim, dan dalam ajaran islam tidak boleh. Maka dari itu sobat CahayaIslam, sebagai seorang wanita muslim sebaiknya mengetahui bagaimana berbelanja dengan bijak ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 26-27

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY