TNI Bubarkan Nikahan Dengan Kasar, Awas! Ini Akibatnya Bersikap Kasar Menurut Islam

0
29

TNI bubarkan – Seorang oknum anggota TNI membubarkan acara nikahan di Grobogan dengan kasar. Oknum ini melontarkan kata-kata yang kasar dan juga melakukan pembubaran paksa. Tindakan dari anggota TNI ini membuat pemangku dari acara hajatan ini heran. Ia mengaku tidak akan membangkang dan bersedia jika memang harus dibubarkan. Hanya saja tindakan dari oknum anggota TNI ini sangat disayangkan karena dilakukan tidak dengan cara yang baik.

Di masa pandemi ini memang hal lumrah jika terdapat himbauan untuk tidak menyelenggarakan acara yang memungkinkan adanya kerumunan. Namun tentu saja dalam menertibkan hal ini juga perlu memperhatikan adab dan etika. Pembubaran acara hajatan di Grobogan yang dinilai kasar ini membuat masyarakat beranggapan bahwa TNI seharusnya menjadi pengayom. Namun kejadian ini justru tidak mencerminkan hal tersebut. Islam pun juga tidak mengajarkan kaum muslimin untuk bersikap kasar lho.

TNI Bubarkan Nikahan Dengan Kasar, Ini Akibatnya Bersikap Kasar Menurut Islam

TNI bubarkan nikahan dengan cara dan kata-kata yang kasar. Tentu saja ini bukanlah sikap yang terpuji dan juga tidak sesuai dengan ajaran islam. Dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk menjaga lisan dan sikap. Sehingga perlu senantiasa menerapkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan. Hal ini juga dicerminkan dalam ayat Al Quran yang mengatur kaum muslimin untuk bersikap lemah lembut.

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Dalam ayat ini menunjukkan bahwa islam mengajarkan kedamaian. Itu sebabnya kaum muslimin diperintahkan untuk berlaku lemah lembut dan dilarang untuk bersikap kasar. Itu artinya, perbuatan yang mencerminkan kekerasan atau kekasaran tidak dibenarkan dalam islam. Dan tahukah sobat CahayaIslam, apa akibatnya bersikap kasar menurut islam?

Merusak Hubungan Persaudaraan

Tahukah bahwa bersikap kasar akan menyebabkan rusaknya hubungan persaudaraan. Hal-hal yang seharusnya bisa dibicarakan baik-baik akhirnya berakhir dengan lebih buruk jika disikapi dengan sikap kasar. Hubungan yang sudah baik juga bisa menjadi renggang lho sobat CahayaIslam jika kita menerapkan sikap dan kata-kata kasar. Itu sebabnya, Allah menganjurkan kaum muslimin untuk senantiasa bersikap lemah lembut dan menjaga lisan.

Tidak Dihormati Orang Lain

Sikap kasar tidak akan membuat orang lain menghormati kita. Islam sendiri mengajarkan bagaimana seorang muslim harus berbuat baik jika ingin dikelilingi dengan kebaikan. Itu artinya, kekasaran yang diperbuat juga akan menjadi keburukan bagi diri sendiri. Dan yang pasti tidak akan mendapatkan penghormatan atau dihargai orang lain.

Tidak Disukai Allah SWT

Allah menyukai golongan orang yang bersikap lemah lembut dan bisa menjaga lisannya dari kata-kata kasar. Maka bagi seorang muslim yang bersikap kasar, maka tidak akan mendapatkan cinta dari Allah SWT. Karena Allah menyukai orang yang bisa menjaga sikapnya dan senantiasa berbuat baik ya sobat CahayaIslam.

TNI bubarkan – acara nikahan dengan cara dan kata-kata kasar. Ini sungguh bukan cerminan sikap seorang muslim dan tentu saja tidak disukai oleh Allah SWT. Jadi sobat CahayaIslam, mari jauhi sikap kasar dan menjaga lisan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 159-160

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY