Anak Kartika Putri Nyantri, Inilah Keutamaan Para Penuntut Ilmu

0
35
kartika putri

Kartika Putri – Beberapa tahun silam, publik digemparkan dengan hijrahnya seorang aktris bernama Kartika Putri. Kini, publik kembali dihebohkan dengan berita baik terkait keberangkatan anaknya untuk menempuh pendidikan sebagai santri di Yaman.

Sobat Cahaya Islam, Allah SWT sangat mencintai hambaNya yang mencintai akan keilmuan seperti keputusan bijak yang sudah diambil oleh keluarga Kartika Putri. Hal ini tentu saja menjadi sebuah teladan bagi keluarga muslim lainnya untuk lebih memperhatikan sang anak.

Apa Anak Kartika Putri akan Mendapatkan Sebuah Keutamaan di Mata Allah SWT?

Keberangkatan anak Kartika Putri untuk menempuh pendidikan seharusnya patut diacungi jempol. Terkait dengan keistimewaan sendiri, hal tersebut merupakan hak istimewanya Allah SWT yang mana seorang hamba tidak mengurusnya. Hanya saja jika memang ingin mendapatkan sebuah keutamaan sebagai penuntut ilmu, alangkah lebih baiknya menjalani pembelajaran dengan ikhlas.

Keikhlasan hati yang dimiliki para penuntut ilmu, tentu akan mendatangkan bonus tersendiri baginya. Selain diutamakan oleh Allah SWT, orang yang berilmu juga akan dicintai oleh para makhluk di dunia. Lantas, apa saja keutamaan yang dimiliki oleh para penuntut ilmu? Simak penjelasannya disini ya!

1.      Allah SWT Mengangkat Derajatnya

Orang yang mengutamakan keilmuan, maka martabatnya akan ditingkatkan dan dijamin derajatnya oleh Allah SWT. Selain diangkat derajatnya oleh sang Pencipta, mereka juga akan dihormati di dunia. Hal ini sangat wajar, karena orang berilmu jumlahnya memang sedikit. Bukan berarti tak banyak orang yang mencari ilmu, tapi karena perjuangan untuk istiqomah dalam berilmu yang masih lemah.

Ketinggian derajat para pencari ilmu telah Allah SWT sampaikan dalam surat Al – Mujadilah ayat 11 yakni :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

2.      Memudahkan Seseorang Mendapatkan Surga

Seseorang yang menuntut ilmu dijamin Allah SWT untuk masuk ke dalam Surga. Hal ini juga telah disampaikan dalam hadits mahsyur Rasulullah SAW. Sebanyak apapun kebaikan yang dilakukan oleh umat Islam, tak semuanya dijamin Allah untuk masuk surga dengan mudah. Namun, ternyata para penuntut ilmu malah mendapatkan golden ticket dari Allah SWT.

3.      Ilmu adalah Amal Jariyah

Selain 2 keutamaan diatas, Allah SWT juga menjelaskan melalui lisan Rasulullah SAW bahwa ilmu adalah amalan yang tidak pernah terputus walaupun umat sudah meninggal. Maka adalah sebuah hal yang wajar, ketika banyak didapati para ulama’ yang melahirkan berbagai buku Islami bahkan sekelas Shahih Bukhari. Luar biasa bukan Sobat Cahaya Islam?

4.      Memiliki Rasa Takut terhadap Allah SWT

Orang yang memiliki ilmu, tentu akan segera memahami bagaimana hakikat kehidupan dia diciptakan serta memahami kuasa Allah SWT. Sehingga berawal dari hal tersebut, maka para penuntut ilmu tak kan berani untuk melakukan pelanggaran syariat Allah SWT.

Hal ini tentu saja akan menjadi penjaga bagi diri kaum muslimin supaya dijauhkan dari hal – hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa keutamaan yang didapatkan oleh para penuntut ilmu sebagaimana aktivitas yang dilakukan anak Kartika Putri. Semoga hal ini dapat menjadi motivasi dan teladan bagi keluarga muslim lainnya. Tak perlu sama tujuan belajarnya, yang terpenting adalah esensi kemauan untuk menuntut ilmunya.  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY