Richard Lee Pulang ke Rumah Karena Penangguhan Penahanan, Bagaimana Sih Pandangan Islam Tentang Bicara Kebenaran?

0
392
Richard Lee Pulang ke Rumah 1

Richard Lee pulang – Beberapa waktu lalu, dokter Richard Lee terlibat kasus pencemaran nama baik karena mereview salah satu skincare. Hingga media sosial Richard ini disita dengan tujuan sebagai bukti pencemaran nama baik. Namun ia kemudian ditahan karena diduga melakukan pencurian data karena mengakses secara ilegal akun sosial medianya yang sudah disita oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Richard Lee Pulang ke Rumah 1

Richard Lee kabarnya kemudian diperbolehkan kembali pulang karena permohonan untuk penangguhan penahanannya dikabulkan. Dalam hal ini, dokter Richard sangat dikenal karena banyak memberikan edukasi terkait skincare. Sehingga masyarakat bahkan merasa diselamatkan dari skincare-skincare yang memiliki kandungan berbahaya. Lalu apakah suatu kesalahan berbicara kebenaran hingga harus dilaporkan?

Richard Lee Pulang ke Rumah Karena Penangguhan Penahanan, Bagaimana Sih Pandangan Islam Tentang Bicara Kebenaran?

Richard Lee Pulang ke Rumah 2

Richard Lee pulang ke rumah karena permohonan untuk penangguhan penahanan dikabulkan. Beberapa waktu lalu, dokter ini terjerat kasus pencemaran nama baik yang membuat sosial medianya harus disita. Hal ini karena sang dokter seringkali mereview produk skincare, yang salah satunya melibatkan Kartika Putri. Tahukah sobat CahayaIslam bagaimana hukum berbicara kebenaran?

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

Dalam ayat ini menjelaskan tentangkan bagaimana kaum muslimin tidak boleh menyembunyikan kebenaran yang diketahui.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

Sementara dalam ayat diatas, Allah memerintahkan kita untuk berkata yang benar. Itu artinya berbicara mengenai kebenaran bukan suatu kesalahan. Hanya saja, tentu harus didasari dengan adab-adab yang sesuai. Lalu apa saja adab untuk berbicara mengenai kebenaran?

Jujur dan Bisa Dibuktikan

Untuk berbicara soal kebenaran, tentu saja agar tidak menjadi suatu kesalahan harus benar-benar dipastikan. Itulah kenapa pentingnya sebuah kejujuran dan juga bukti. Sehingga apapun yang dibicarakan juga bisa dipertanggung jawabkan tentu saja. Sama halnya dengan kasus dokter Richard Lee ini yang mereview tentang skincare berbahaya dan aman.

Tidak Menghina atau Menjatuhkan

Adab yang harus diperhatikan saat membicarakan kebenaran adalah tidak menghina atau menjatuhkan pihak manapun. Dalam islam sendiri, kebenaran memang dianjurkan untuk disampaikan dengan sejujur-jujurnya. Namun tentu saja dengan cara penyampaian yang baik dan jangan sampai ada unsur menghina ataupun menjatuhkan.

Richard Lee pulang – kembali ke rumah tentu menjadi kabar baik untuk keluarga. Apalagi dengan kasus yang harus dihadapinya. Namun sobat CahayaIslam, berbicara tentang kebenaran meskipun harus diungkapkan. Jangan lupa memperhatikan adab yang ada ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 42

(2) – Surat Al-Ahzab Ayat 70

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY