Amanda Manopo Nikah Beda Agama? Harus Tahu Hukumnya dalam Islam

0
56

Amanda Manopo Nikah – Foto Amanda mengenakan busana pengantin bersama komedian Billy Syahputra adik dari almarhum Olga Syahputra, beredar di media sosial. Mereka ternyata dipercaya sedang menjadi model busana pasangan pengantin hasil karya desainer Anne Avantie.

Awalnya, jadi model pasangan pengantin. Bisa jadi, Amanda Manopo nikah dengan Billy Syahputra, yang mana berbeda agama. Hanya waktu yang akan menjawab kebenarannya, akankah dua insan yang berlainan keyakinan dapat merajut kasih hingga di atas pelaminan.

Sepasang kekasih yang berbeda agama, tidak jarang bisa langgeng hingga pernikahan. Tetapi, ada keyakinan yang dikorbankan, entah dari pihak laki-laki maupun perempuan. Lantas banyak pula, yang pupus di tengah jalan karena perbedaan keyakinan yang kuat.

 

Sobat Cahaya Islam, agama Islam memandang nikah beda agama tidak diperkenankan, hal ini bisa ditinjau dari anjuran pertama dalam memilih pasangan yakni dilihat dari agamanya.

Amanda Manopo Nikah Beda Agama? Hukum Nikah Beda Agama Menurut Islam

Manusia kadang tidak tahu, rasa cinta akan jatuh kepada siapa? Termasuk kepada orang yang berlainan keyakinan. Tapi meskipun begitu, manusia diberi pedoman agama Islam dalam memilih pasangan di lihat berdasarkan.

  • Agama Islam
  • Nasab (keturunan)
  • Harta atau kekayaan
  • Fisik (penampilan)

Namun dari keempat aspek di atas, seorang muslim diutamakan memilih pasangan dilihat dari agamanya. Nikah beda agama berdasarkan Al-Qur’an dilarang hukumnya. Berikut ayat yang menjelaskan hal ini.

وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّى يُؤْمِنُوا وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ أُولَئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ

“Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. mereka mengajak ke neraka,”( QS: Al-Baqoroh 221)

Al-Qur’an surah Al-Baqoroh ayat 221 jelas melarang menikahi orang-orang musyrik sebelum mereka beriman, dalam artian bersyahadat memeluk agama Islam. Menikah dengan budak yang iman jauh lebih baik daripada orang musyrik yang dicintaimu.

Penjelasan Mengenai Hukum Nikah Beda Agama

Berdasarkan beberapa sumber berikut penjelasan mengenai hukum nikah beda agama menurut beberapa ulama.

  1. Majelis Ulama Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nikah beda agama menurut fatwa MUI itu dihukumi haram dan otomatis nikahnya tidak sah.

  1. Nahdhatul Ulama

Nahdhatul Ulama (NU) mempunyai program Bahtsul Masail, di mana beberapa ulama NU berkumpul untuk membahas berbagai permasalahan, mengingat banyak permasalahan yang muncul seiring perkembangan zaman, dan belum ada hukumnya.

Nikah beda agama berdasarkan Bahtsul Masail menetapkan bahwa pernikahan beda agama hukumnya haram dan tidak sah, seperti fatwa MUI. Sehingga tidak khayal bila Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) meminta MK tolak permohonan nikah beda agama.

  1. Muhammadiyah

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga menetapkan fatwa menikah beda agama itu dilarang, mana kala muslimah dengan laki-laki non-muslim, atau muslim dengan perempuan non-muslim.

Ulama Muhammadiyah menyatakan bila agama Nasrani pun, melarang umatnya untuk menikah dengan yang berbeda agama. Serta meski secara catatan sipil bisa jadi diakui sah, tetapi secara Islam tidak sah.

  1. Jumhur Ulama

Jumhur ulama juga memutuskan menikah beda agama adalah haram dan tidak sah pernikahan keduanya.

Empat penjelasan mengenai hukum nikah beda agama menurut Islam sama-sama jawabannya yakni “dilarang”. Lalu, jika Amanda Manopo nikah dengan Billy Syahputra yang merupakan seorang muslim, semoga saja Amanda mendapatkan hidayah menjadi mualaf. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!