4 Pondasi Rumah Tangga Menurut Islam, Agar Langgeng dan Harmonis

0
43
4 pondasi rumah tangga menurut Islam

4 pondasi rumah tangga menurut Islam – Sobat Cahaya Islami, ada 4 pondasi rumah tangga menurut Islam yang sangat penting untuk membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sesuai harapan.

Rumah tangga membutuhkan pondasi yang dibangun dapat berdiri kokoh dan memiliki landasan yang kuat. Dengan demikian, pernikahan dapat bertahan walau melalui berbagai ujian dan cobaan.

Apa Saja 4 Pondasi Rumah Tangga Menurut Islam?

Membangun rumah tangga yang bahagia dan langgeng membutuhkan pondasi yang kuat. Seperti halnya membangun sebuah rumah atau gedung, jika pondasinya dangkal maka bangunan cepat roboh saat terkena guncangan.

Begitupula dengan membangun rumah tangga melalui sebuah pernikahan. Ada 4 landasan yang harus Sobat perhatikan jika ingin membangun sebuah rumah tangga yang harmonis. Apa landasan tersebut?

1. Iman dan Takwa kepada Allah SWT

Pondasi utama dalam membangun rumah tangga Islam adalah iman dan takwa kepada Allah SWT. Pasangan suami istri haruslah beriman kepada Allah SWT dan menjalankan syariat Islam dengan penuh ketaatan.

4 pondasi rumah tangga menurut Islam

Landasan iman dan takwa serta keridhoan untuk membangun rumah tangga atas dasar kecintaan kepada Allah akan membuat suami istri saling menghormati, mencintai, dan membantu dalam segala hal. Dengan keimanan, apapun badai yang menerpa dapat Sobat lalui demi keutuhan rumah tangga.

2. Saling Mencintai dan Menghargai

Cinta dan kasih sayang adalah perekat utama dalam rumah tangga. Pasangan suami istri haruslah saling mencintai dan menghargai satu sama lain. Cinta ini bukan hanya cinta yang romantis, tetapi juga cinta yang didasari oleh iman dan takwa kepada Allah SWT.

Allah berfirman,

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (Q.S Ar-Rum:21)

Selain saling mencintai, suami istri juga harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Posisi suami dan istri memegang peranan yang sama pentingnya sehingga tidak ada sifat merendahkan yang dapat memicu pertengkaran. 

3. Saling Memahami dan Berkomunikasi

Keretakan rumah tangga sering terjadi akibat kurangnya komunikasi. Pengertian dan komunikasi yang baik sangat penting dalam rumah tangga. Jika terjadi perselisihan maka segera cari tahu perselisihan suami istri bagaimana solusinya menurut ajaran Islam untuk menyelesaikannya, bukan malah mendiamkan masalah tersebut.

Baik suami maupun istri juga harus memahami dan menerima kelebihan serta kekurangan pasangannya. Salah satu dari 4 pondasi rumah tangga menurut Islam adalah saling menerima satu sama lainnya.

4. Saling Bekerja Sama dan Bertanggung Jawab

Laksana sebuah perahu yang mengarungi lautan, biduk rumah tangga membutuhkan kerjasama yang baik di antara suami dan istri. Pasangan harus memiliki pandangan yang sama terhadap tujuan yang ingin kita capai.

4 pondasi rumah tangga menurut Islam

Agar tujuan tersebut dapat Sobat raih, maka keduanya harus mau bekerjasama dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya masing-masing.

Para suami harus mampu menjaga diri dan keluarganya dari perbuatan melanggar syariat, sebagaimana Allah perintahkan dalam ayat berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S At Tahrim:6)

Selain 4 pondasi di atas, pasangan suami istri juga harus taat dalam menjalankan berbagai ibadah seperti selalu menjaga sholat lima waktu, rajin membaca Al Quran, selalu menjaga kesucian dan nama baik keluarga serta memberikan pendidikan agama Islam yang baik untuk anak-anak.

Sobat Cahaya Islami, membangun biduk rumah tangga sama seperti mendirikan bangunan yang membutuhkan pondasi. Dengan menegakkan 4 pondasi rumah tangga menurut Islam, semoga rumah tangga yang dibangun menjadi langgeng sakinah mawaddah dan warrohmah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY