Aksi Demo Bakar Ban di Jakarta Pusat! Demonstrasi Dalam Islam, Bolehkah?

0
34
Aksi Demo Bakar Ban dan Begini Demonstrasi Dalam Islam

Aksi Demo Bakar Ban – Demo merupakan istilah yang sudah sering kita dengar. Demonstrasi atau unjuk rasa seringkali terjadi dan dianggap sebagai cara untuk menyuarakan aspirasi. Seperti yang terjadi di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat dimana para mahasiswa melakukan demo. Aksi yang dilakukan bahkan disertai dengan bakar ban dan juga memaksa untuk masuk ke gedung DPR. Mereka berteriak serta melakukan upaya untuk menerobos pagar kawat. Tentu saja dalam aksi demonstrasi seperti ini, hal biasa bukan melihat kerusuhan hingga kerusakan?

Jika kita berbicara mengenai kebebasan berpendapat atau menyuarakan aspirasi. Cara yang lebih baik tentu saja lebih dianjurkan dibandingkan demonstrasi yang menyebabkan kerusakan dan kerusuhan. Dalam agama islam, membuat kerusakan adalah suatu perbuatan yang dilarang. Hal ini bukan hanya merugikan untuk diri sendiri namun juga orang lain. Terlebih lagi sobat Cahaya Islam, bukankah sudah sering kita mendengar demonstrasi yang berujung siksaan, kekerasan hingga pembunuhan? Lalu bagaimana demonstrasi dalam pandangan islam, bolehkah?

Aksi Demo Bakar Ban di Jakarta Pusat, Demonstrasi Bukan Ajaran Islam!

Aksi Demo Bakar Ban dan Pandangan Islam Tentang Demonstrasi

Aksi demo bakar ban merupakan tindakan yang bisa dibilang brutal. Belum lagi dengan aksi lainnya yang merugikan bagi orang lain. Dalam ajaran islam, bahkan tidak ada dalil yang mengatakan bahwa demonstrasi adalah tindakan yang dianjurkan dalam islam. Justru agama islam melarang perbuatan-perbuatan keji atau yang banyak madharatnya. Sayangnya, seringkali orang menyebut demonstrasi adalah suatu perbuatan jihad untuk memperjuangkan jalan Allah. Hati-hati ya sobat Cahaya Islam, ini bisa menjadi tindakan bid’ah.

وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa Allah memerintahkan kita untuk bertaqwa dan melangkah sesuai dengan ajaran Allah. Sehingga ajaran-ajaran yang tidak diketahui dari mana sumbernya, atau hal-hal yang merujuk pada bid’ah sebaiknya tidak diikuti.

Begini Pandangan Islam Tentang Demonstrasi

Aksi Demo Bakar Ban di Jakarta Pusat

Demonstrasi saat ini menjadi suatu tindakan yang dijadikan alasan sebagai langkah jihad. Bahkan banyak orang yang berusaha mengemas ajaran-ajaran islam dalam wujud tindakan kebatilan, penyebab kerusakan dan hal-hal lain yang banyak madharatnya. Tentu saja ini bukanlah ajaran islam, karena segala sesuatu yang banyak madharatnya adalah hal yang Allah haramkan. Lalu apa pandangan islam mengenai demonstrasi?

Demonstrasi Mengandung Tasyabbuh Orang Kafir

Demonstrasi bukanlah langkah berjihad, namun justru mengadung tasyabbuh atau penyerupaan orang-orang kafir. Terlebih lagi Allah saja melarang perbuatan yang banyak madharatnya jika dilakukan. Apalagi demonstrasi yang didalamnya banyak timbul kerusuhan, kerusakan, siksaan hingga pembunuhan. Dan hal-hal lainnya yang sifatnya merugikan. Apalagi di dalam demonstrasi, kita sama saja dengan mengorbankan keselamatan diri sendiri.

وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.(2)

Demonstrasi Merupakan Pemberontakan Terhadap Pemimpin

Dalam ajaran islam, taat terhadap pemimpin adalah salah satu perbuatan yang dianjurkan. Bahkan meskipun memiliki pemimpin yang zalim sekalipun, Allah memerintahkan kita untuk taat terhadap penguasa atau pemimpin. Tindakan demonstrasi tentu saja menyeret kita pada sikap memberontak. Dan ini tidak diperbolehkan dalam agama islam.

Demonstrasi Mengandung Kemungkaran dan Fitnah Wanita

Dalam pandangan islam, tindakan demonstrasi ini mengandung banyak kemungkaran. Bahkan ini juga bisa menjadi fitnah wanita. Bagaimana tidak, dalam kegiatan unjuk rasa tentu saja melibatkan orang banyak. Dimana wanita dan laki-laki menjadi satu, saling bersentuhan kulit, hingga berdesakan. Sedangkan dalam syariat islam, wanita hendaknya di rumahnya. Belum lagi bentuk kemungkaran lainnya, berupa kerusakan, tindakan menyiksa, bahkan hingga membunuh.

Aksi demo bakar ban – merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan dalam islam. Dan tidak ada istilah berjihad dalam demonstrasi, jika yang terjadi justru menjerumuskan kita pada perbuatan keji.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-An’am Ayat 153

(2) – Surat An-Nisa Ayat 29

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!