Adab islam Tentang Larangan Menduduki Kuburan

0
138
adab islam larangan menduduki kuburan dan dasar hukumnya dalam quran dan hadits

Larangan Menduduki Kuburan – Beberapa waktu lalu tim cahayaislam sempat melihat satu video viral yang berisikan tentang beberapa gerombolan anak muda main kebut kebutan dengan motor di area pemakaman. Kira-kira Adab islam soal itu gimana ya?

Penasaran sama hal itu, dalam beberapa kajian islam kami akhirnya menanyakannya kepada beberapa alim ulama dong. Dan mostly sangat mengecam perilaku dalam video itu.

Menghormati Jenazah adalah Suatu Norma Umum dalam Masyarakat

Menurut beberapa pendapat yang kami kumpulkan, kami menemukan pernyataan bahwa sikap menghormati jenazah (baik yang akan dimakamkan ataupun sudah dimakamkan) adalah suatu norma umum yang semua orang tahu harus dipatuhi.

Tidak harus membawa adab islam tentang larangan menduduki kuburan atau apapun hanya untuk menilai soal hal ini.

Nah, sebagai manusia yang bermasyarakat. Bukankah sudah sepantasnya kita mengindahkan norma norma itu? Bahkan dalam islam pun, Baginda Rasulullah mengajarkan kita untuk menghormati jenazah lho! Tanpa terkecuali ya…

وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَعَمْرٌو النَّاقِدُ، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، وَابْنُ، نُمَيْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ إِذَا رَأَيْتُمُ الْجَنَازَةَ فَقُومُوا لَهَا حَتَّى تُخَلِّفَكُمْ أَوْ تُوضَعَ ‏”‏ ‏.‏

Rasulullah SAW bersabda bahwa, kapanpun ketika kamu melihat prosesi pemakaman, maka baiknya kamu berdiri (Sebagai penggambaran sikap hormat / menghargai) hingga mereka lewat atau diturunkan ke tanah (1)

Hadits Larangan Menduduki Kuburan dan Adab Islam soal itu?

Kalo sobat cahayaislam penasaran tentang ada gak sih sebenernya hadits yang membahas khusus soal ini? – Jawabannya tentu ada. Salah satu yang paling banyak disinggung oleh para alim ulama adalah hadits berikut:

وَحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ

Akan lebih baik untukmu bila duduk di arang panas yang bisa membakar bajumu daripada menduduki langsung sebuah pusara pemakaman. (2)

***

Nah, itulah beberapa ulasan singkat tentang adab islam larangan menduduki kuburan. Sobat cahayaislam yang baik, yuk kita sama sama ajarkan adab adab islam yang baik kepada adik adik, saudara dan saudari kita. Supaya mereka lebih aware dan memiliki karakter muslim yang di rahmati oleh Allah.


Catatan Kaki

(1) H.R Muslim 958 – كتاب الجنائز

(2) H.R Muslim 971 – كتاب الجنائز

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!