Kesabaran dalam Dunia Islam – Ingin Lihat Kuat atau Tidaknya Seseorang? Lihat Reaksinya Ketika Terkena Musibah

0
210

Kesabaran dalam Dunia islam – Sering nggak sih kalo kita lagi ngobrol atau curhat dengan teman kita mendengar masukan gini: Kamu harus jadi orang yang kuat ya!

Penasaran dengan hal itu, tim cahayaislam akhirnya bertanya kesana kemari dong tentang sebenernya gimana sih makna kuat dalam kajian agama islam? Jawabannya pun beragam.

Tapi dari banyaknya jawaban yang kita temui dan dapatkan dari beberapa alim ulama dan saudara muslim itu, ada satu yang benar benar menyentuh hati sanubari kami lho!

Kekuatan dan Iman seseorang bisa dilihat dari sikapnya yang Sabar

Jadi ceritanya Allah SWT sudah berfirman dalam Al Quran. Firman itu berisikan perintah kepada orang orang yang beriman kepadaNya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Wahai orang orang yang beriman, Bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu itu, dan bertaqwalah kepada Allah agar kalian beruntung (1).

kesabaran dalam dunia islam selalu dikaitkan dengan keimanan dan kekuatan seorang muslim dalam banyak kajian islamDalam kutipan ayat itu, Allah tidak hanya memerintahkan kita untuk bersabar, namun menekankan agar lebih menguatakan kesabaran kita. Inilah yang kemudian menjadi landasan bahwa:

Kesabaran selalu dikaitkan dengan kekuatan dan keimanan seseorang

Contoh Konkret Sikap Kesabaran yang kuat dan iman?

Trus gimana nih contoh konkret sabar yang selalu dikaitkan dengan kekuatan seorang muslim? – Simpel sih, biasanya seseorang akan dihadapkan pada sebuah pilihan Sabar atau tidak ketika diberi sebuah Musibah.

Seorang muslim yang kuat dan memiliki iman yang merasuk akan memiliki tabiat atau kecenderungan untuk sabar dari sikapnya ketika menghadapi cobaan musibah. Tahu itu adalah Takdir dari Allah maka dirinya akan mengucap istirja’ ketika musibah datang.

tabiat orang islam adalah bersikap sabar dan kuat ketika menghadapi cobaanLagipula ada hadits yang menguatkan hal itu sih:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ الْعَبْدِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ، – يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ – حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ ثَابِتٍ، قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الأُولَى ‏”

Kekuatan bisa terlihat ketika Pukulan pertama (dalam Musibah) – kira kira seperti itu makna Hadits diatas. Jadi sikaplah yang menentukan.

Kesimpulan Kesabaran dalam Dunia islam: 

Orang yang kuat adalah bukan dia yang bisa mengangkat ratusan kilo beban, bukan dia yang memiliki badan kekar dengan ruas ruas otot yang dipenuhi urat – Namun orang kuat adalah dia yang bisa dengan sabar menunjukkan sikap menerimanya kepada keputusan Allah dalam Takdir yang dijalaninya. Meskipun Pahit.

***

Nah sekarang sobat cahayaislam tahu kan kenapa Kesabaran dalam dunia islam selalu dikaitkan dengan seberapa beriman dan kuatnya karakter seorang muslim? Jadi yuk bersama sama kita biasakan diri kita untuk menjadi orang yang selalu berusaha untuk lebih bersabar menghadapi banyak tantangan dan cobaan baik eksternal maupun internal. Semangaaat!


(1) Al Qur’an Surat Al Imran – Ayat 200

(2) H.R Muslim 926 – كتاب الجنائز

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!