Video Pria Mirip Robby Purba Marahi Pelayan Resto, Bagaimana Hukum Memaki Orang Lain dalam Islam?

0
21

Robby Purba – Viral video mirip Robby Purba mendorong seorang pelayan restoran diunggah oleh akun gosip Instagram. Dalam postingan berdurasi kurang dari 1 menit tersebut nampak seorang pria dengan rambut warna keemasan tengah mendorong seorang pelayan restoran hingga pelayan tersebut hampir terjatuh.

Dalam komentar di postingan akun gosip tersebut banyak netizen yang menduga pria yang mendorong pelayan dalam video itu adalah Robby Purba. Sontak postingan Instagram Robbypun dibanjiri komentar negatif dari para netizen. Namun, tidak ada klarifikasi terkait siapa pria dalam video itu. Robby juga tidak memberikan komentar apapun.

Robby Purba adalah aktor dan presenter kelahiran tahun 1986. Ia menjadi salah satu aktor yang digemari masyarakat Indonesia lantaran sikapnya yang ramah. Namun, setelah melihat video yang belum benar-benar jelas apakah itu Robby atau bukan, netizen menduga pria tersebut benar-benar Robby presenter yang mereka tahu.

Dalam video tersebut nampak pria yang diduga Robby Purba mendorong pelayan restoran yang sedang membersihkan meja dan sepertinya ia tidak sengaja menumpahkan entah makanan atau minuman ke pakaian Robby. Sontak Robby mendorong pelayan tersebut sambil berkacakpinggang untuk kemudian pergi meninggalkan restoran tersebut.

Sobat Cahaya Islam, perbuatan marah-marah, memaki, atau mendorong orang lain karena emosi sesaat termasuk perbuatan yang kurang baik. Jika sebuah masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik, mengapa memaki menjadi pilihan pertama untuk menjadikan alasan marah-marah atas kesalahan orang lain yang tidak disengaja?

Robby Purba diduga Marahi Pelayan, Hukum Menyakiti Hati Orang Lain dengan Kemarahan

Sobat Cahaya Islam, terlepas dari benar tidaknya pria yang ada dalam video dalam akun gosip Instagram. Namun, perbuatan memaki orang lain yang melakukan kesalahan secara tidak sengaja adalah perbuatan yang tidak dibenarkan oleh Islam. Karenanya, mengontrol emosi sangat perlu kita lakukan agar saat marah tidak berpotensi menyakita orang lain.

1.     Hukum Menyakiti Orang Lain dengan Kemarahan

Memaki, memarahi, mengolok-olok, merupakan bagian dari perbuatan tercela yang sebaiknya kita hindari. Perbuatan tercela dapat mengurangi pahala kebaikan kita serta menjadikan kita tidak bisa menghargai orang lain. Sehingga, kemarahan dapat menyakiti hati orang lain yang tidak sengaja melakukan kesalahan kepada kita.

Padahal jika Robby mau sedikit bersabar dan tidak tersulut api emosi saat itu juga, netizen tidak akan mencelanya yang telah berlaku kasar terhadap pelayan restoran namun setelahnya mengunggah foto dirinya sedang memberikan makan kepada kucing.

2.     Cara Mengontrol Kemarahan menurut Islam

Dalam Islam Rasulullah SAW pernah memberikan cara mengontrol kemarahan berdasarkan posisi seseorang yang sedang marah. Jika ia marah dalam posisi sedang berdiri maka duduklah sebentar. Jika ia sedang marah dalam posisi duduk maka berbaringlah sebentar. Hingga tingkat terakhir adalah berwudhu. Sebagaimana penjelasan hadist berikut ini:

“Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri maka hendaknya dia duduk, kalau kemarahannya belum hilang maka hendaknya dia berbaring” (HR. Abu Dawud No. 4782)

Nah, itu tadi penjelasan seputar kemarahan dan mengapa marah dapat menyakiti orang lain. Sebagaimana dalam video yang terdapat pria mirip Robby Purba tengah memarahi seorang pelayan yang diduga tidak sengaja menumpahkan makanan. Alangkah lebih baik Robby menahan amarahnya dan membicarakannya dengan baik. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY