Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina Berlangsung Penuh Haru, Begini Lamaran Yang Diperbolehkan Dalam Islam!

0
99
Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina dan Lamaran Yang Diperbolehkan Islam

Acara lamaran – Vicky Prasetyo akhirnya menggelar acara lamaran dengan Kalina Ocktaranny yang berlangsung penuh haru. Bukan hanya momen saat Vicky mengutarakan perasaannya kepada Kalina. Namun juga ketika ketiga anak Vicky Prasetyo mengatakan harapan mereka untuk pernikahan sang ayah kali ini sebagai pernikahan yang terakhir. Selain itu, tampak keluarga inti dari Kalina juga tidak hadir.

Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina

Dalam prosesi lamaran yang berlangsung ini, Kalina mengaku tidak mengetahui keluarganya dimana. Itu menyebabkannya sedih karena bahkan pesan whatsapp Kalina pun tidak mendapat balasan. Namun terlepas dari itu, lamaran berjalan dengan lancar dan keduanya akan segera melangsungkan pernikahan. Dalam islam sendiri, sebelum adanya pernikahan maka perlunya prosesi lamaran atau yang dikenal dengan khitbah.

Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina, Begini Lamaran Yang Diperbolehkan Menurut Islam

Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina dan Begini Pandangan Islam

Acara lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina hanya dihadiri beberapa kerabat dan teman dekat dari Kalina. Dan juga keluarga dari Vicky Prasetyo. Sementara keluarga inti Kalina tidak hadir, inilah yang membuat lamaran yang berlangsung penuh haru. Dalam islam, lamaran sering dikenal dengan sebutan khitbah yang artinya adalah pinangan. Sebelum menuju pernikahan, kaum laki-laki akan melakukan proses khitbah terlebih dahulu.

Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu.(1)

Ayat diatas merupakan landasan syariat khitbah dalam islam. Itu artinya khitbah atau pinangan adalah ajaran islam. Namun di jaman yang modern sekarang ini, lamaran atau khitbah dilakukan dengan beragam prosesi. Ini yang dikhawatirkan bisa menyimpang dari syariat yang ada. Maka dari itu, sobat CahayaIslam perlu tahu bagaimana lamaran yang diperbolehkan dalam islam.

Pihak Laki-Laki Dianjurkan Melihat Wanita

Acara Lamaran Vicky Prasetyo dan Kalina dan Lamaran Yang Diperbolehkan Islam

Dalam proses khitbah atau lamaran, kaum laki-laki dianjurkan untuk melihat wanita. Dan ini pun justru dianjurkan dalam islam. Hanya saja, ada batasan bagian mana yang diperbolehkan untuk diperlihatkan. Hanya wajah dan bagian telapak tangan saja. Ini sudah cukup menunjukkan kecantikan, kebersihan, kesehatan sang wanita.

Tetap Dalam Batasan, Tidak Berduaan

Pada umumnya, lamaran tentu saja dihadiri oleh calon pengantin laki-laki beserta keluarganya dan juga pihak keluarga calon pengantin wanita. Lamaran bertujuan untuk menyampaikan maksud baik dan meminta persetujuan dari pihak wanita. Namun tentu saja tetap dengan batasan yang sesuai syariat islam dan tidak membenarkan kedua calon pengantin untuk berduaan. Apalagi menjadikan khitbah sebagai jalan untuk berdekatan sebelum menikah.

Tidak Harus Mewah atau Beramai-Ramai

Di jaman sekarang ini, lamaran justru menjadi perayaan yang seringkali diadakan dengan meriah. Dan ini tentu saja tidak ada dalam tuntunan islam. Dan jika dilakukan berlebihan, ini bisa menjadi sebab penyimpangan ajaran islam lho sobat CahayaIslam. Maka dari itu, khitbah atau lamaran sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan syariat.

Acara lamaran – antara Vicky Prasetyo dan Kalina berlangsung penuh haru. Dalam islam sendiri untuk melangsungkan pernikahan dianjurkan adanya khitbah. Ini sebagai bentuk pria memberikan ikatan yang serius sekaligus meminta persetujuan kepada wanita. Semoga kita semua bisa menjadikan khitbah sebagai prosesi yang sesuai syariat ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 235

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY