5 Aneka Sajian Takjil Segar yang Paling Dicari

0
21
aneka sajian takjil segar

cahayaislam.id – Berbuka puasa rasanya ada yang kurang jika tanpa takjil. Sebab menu takjil adalah satu menu yang paling dicari untuk melepas dahaga selama seharian penuh telah menahannya. Nah, seperti apa aneka sajian takjil segar yang paling digemari saat ini?

Seperti kita tahu, di bulan suci Ramadhan, menu takjil sangat popular. Di mana para pedagang juga penuh saing untuk menjual jenis takjilnya.

Sehingga tak heran jika selama sebulan penuh para pedagang akan tampak menjamur di mana-mana.

Namun, karena masa pandemi belum juga surut, maka ada beberapa inspirasi untuk membuat menu takjil sendiri di rumah untuk keluarga tercinta.

5 Aneka Sajian Takjil Segar yang Paling Dicari

Dari sekian pilihan, ada beberapa minuman takjil segar yang paling sering diburu oleh kebanyakan orang. Apa saja?

1.      Es Kolak Pisang

aneka sajian takjil segar

Menu takjil es kolak pisang merupakan satu minuman khas yang berasal dari Pulau Jawa. Hampir terjual di mana saja, sebab menu ini memang seing dicari oleh kebanyakan orang.

Kolak pisang terbuat dari campuran pisang ambon, nangka, kacang hijau, lalu masak dengan santan. Tidak lupa ditambahkan gula merah, garam dan sirup coco pandan.

Untuk sajian terbaik, biasanya ada es serut yang ditambahkan mendadak saat sudah menjelang waktu berbuka.

2.      Es Degan

aneka sajian takjil segar

Es degan atau es kelapa muda hampir dikenal dengan es yang tidak mengenal musim. Sebagai Pelepas dahaga di waktu berbuka, minuman yang terdiri dari kelapa muda dan airnya ini rasanya sangat enak.

Jangan lupa untuk memberi sedikit gula dan susu kental manis agar semakin mantap, sekitar 10 menit menjelang adzan magrib, masukkan es batu agar rasanya dingin dan menyegarkan.

3.      Es Oyen

Nah, es oyen juga salah satu minuman sebagai menu takjil bulan Ramadhan yang sering kali diburu. Bahkan, es ini juga sering muncul di restoran mewah sebagai minuman tradisional yang tidak pernah punah kekhasannya.

Es oyen ini terdiri dari buah alpukat, buah kelapa muda, agar-agar, tape singkong, kolang-kaling, buah melon, buah semangka dan nangka.

Kemudian diberi susu kental manis, daun pandan, serta es serut sesuai selera. Jika ingin mengganti susu dengan madu pun rasanya juga tak kalah mantap.

4.      Es Teler

aneka sajian takjil segar

Menu takjil selanjutnya adalah es teler. Sebagai sajian menu takjil berbuka puasa, biasanya terdiri dari daging kelapa muda, cincau, buah alpukat, lalu diberi santan dingin yang sudah dimasak.

Sebagai pemanis, tambahkan susu kental manis, sedikit gula dan garam untuk memberi rasa gurih. Untuk berbagai selera, memberi sirup coco pandan juga sangat disarankan.

5.      Es Selendang Mayang

Minuman khas Betawi yang satu ini memang sedikit asing di telinga, namun jika ditanya soal rasa pasti tak kalah dengan jenis es enak lainnya.

Cara membuatnya pun sederhana, tepung hunkwe yang sudah dimasak, tepung beras yang sudah dimasak, air daun suji, vanili bubuk, pewarna makanan, daun pandan, garam, air putih.

Sebagai perasa, kita bisa menambahkan gula aren, air santan, dan es serut sesuai kebutuhan. Dijamin rasanya sangat enak dan menggugah selera berbuka puasa.

Jika memiliki kesempatan, alangkah baiknya untuk berbagi takjil dengan orang lain. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda,

“Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 80, Ibnu Majah no.1764, dan Ahmad 5:192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Demikian di atas adalah ulasan mengenai beberapa aneka sajian takjil segar untuk berbuka puasa yang paling diminati oleh kebanyakan orang. Selamat mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY