4 Keutamaan Amalkan Asmaul Husna

0
184
Asmaul Husna

Asmaul Husna – Sebagai umat muslim, tentu memahami bahwa Allah SWT memiliki beberapa nama lain yang indah yang biasa disebut umat sebagai Asmaul Husna. Nama – nama ini selain memiliki makna yang mulia, juga memiliki keutamaan.

Sobat Cahaya Islam, Asmaul Husna bukanlah sekedar nama – nama Allah SWT yang harus dihafalkan saja. Namun, nama tersebut haruslah dimaknai sebagai bentuk kebesaran Allah SWT sebagai Pencipta dan Pengatur kehidupan makhluk hidup di alam semesta.

Bagaimana Umat Seharusnya Memaknai Asmaul Husna?

Asmaul Husna

Sebagaimana yang telah dibahas, bahwa umat tak boleh sekedar menghafal saja, namun juga mengetahui makna di balik nama tersebut. Jika umat berhasil merenungi nama – nama tersebut, maka dapat meningkatkan rasa keimanan dalam diri umat.

Namun sebagian besar fakta menunjukkan bahwa tak semua orang mampu menghafal bahkan mengetahui nama – nama Allah yang indah tersebut. Penyebabnya bisa saja dari berbagai aspek, seperti keluarga yang belum memiliki pemahaman agama yang cukup sehingga keluarga belum mengenalkan hal dasar semacam nama – nama Allah SWT yang indah.

Faktor lain yakni umat sudah mampu menghafal maupun membaca nama – nama indah tersebut, namun belum mampu untuk memahami esensinya. Faktor ini seringkali terjadi sebab biasanya di TPQ maupun Madin, para santri dan santriwati belajar untuk menghafal Asmaul Husna dalam bentuk lagu dengan nada yang mudah.

Apa Saja Keutamaan dari Mengenal Asmaul Husna?

Asmaul Husna

Sobat Cahaya Islam, selain memiliki nama – nama yang indah nan mulia Allah SWT juga telah menjamin umat dengan segudang keutamaan lantaran membaca bahkan mendakwahkan nama Allah SWT tersebut. Beberapa keutamaan diantaranya adalah :

1.    Menjadi Wasilah Mengenal Allah Ta’ala

Salah satu keutamaannya yakni umat dapat lebih mengenal Allah Ta’ala dan kebesarannya. Sebab umat dapat mengetahui makna keberadaan Allah SWT sesungguhnya sebagai Pencipta sekaligus Pengatur. Hal ini penting diketahui oleh umat agar tak berjalan asal serampangan dalam kehidupan yang fana.

2.    Menjadi Wasilah Terkabulkannya Do’a

Selain itu, dengan izin Allah Ta’ala membaca maupun merenungi keberadaan nama – nama Allah SWT yang indah dapat menjadi sarana agar Allah SWT mengabulkan do’a ummat. Sebenarnya setiap do’a akan terdengar oleh Allah SWT. Hanya saja tak semua umat mengetahui apakah do’anya baik atau tidak sehingga hal itu akan kembali kepada Allah SWT itu sendiri. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَاۖوَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِۚسَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180

3.    Menyembuhkan Penyakit

Selain menjadi sarana agar do;a dapat terkabul, nama – nama yang indah tersebut juga dapat menjadi wasilah untuk menyembuhkan penyakit atas izin Allah Ta’ala. Seperti yang umat ketahui, bahwa penyakit datang dan pergi hanya jika Allah Ta’ala menghendakinya.

4.    Mendapatkan Keselamatan

Selain itu, umat juga dapat terselamatkan jika seringkali memaknai nama – nama Allah SWT yang indah tersebut. Maksud dari kata “selamat” yakni umat dapat mendapatkan keridhoan dari Allah Ta’ala dengan mudah jika dilakukan secara ikhlas. Apabila umat mendapatkan ridho dari Allah Ta’ala, maka umat akan terselamatkan dan menjadi salah satu kunci untuk memasuki Jannah-Nya.

Nah, Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Asmaul Husna dan segala keutamaan yang bisa umat dapatkan. Semoga ke depannya, akan ada banyak umat yang dapat membaca, menghafal serta mengamalkan Sunnah Rasulullah tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY