Menjadi Perempuan Muslimah Yang Baik Menurut Islam

0
194
Menjadi Perempuan Muslimah Yang Baik 2

Menjadi perempuan muslimah – Dalam ajaran islam, segala sesuatu diatur sesuai dengan ketentuan dan syariat yang berlaku. Begitu juga bagaimana menjadi perempuan maupun laki-laki yang baik menurut islam. Ada batasan-batasan yang tentu saja akan menentukan seseorang merupakan muslim yang baik serta sholeh sholehah atau tidak. Seperti halnya perempuan yang bahkan menjadi makhluk istimewa.

Perempuan merupakan makhluk istimewa yang Allah ciptakan dengan berbagai keistimewaannya. Sehingga perempuan memiliki batasan yang berbeda dengan kaum laki-laki. Bahkan Allah pun mengatur bagaimana perempuan harus berpenampilan, kemudian juga berperilaku. Itu sebabnya, ada hal-hal yang perlu kita ketahui bagaimana cara untuk menjadi perempuan muslim yang baik.

Menjadi Perempuan Muslimah Yang Baik Menurut Islam, Ini Kiatnya

Menjadi Perempuan Muslimah Yang Baik 1

Menjadi perempuan muslimah yang baik, ini merupakan keinginan setiap muslimah tentu saja. Meskipun seorang perempuan merupakan kaum beragama islam, namun belum tentu ia dapat menjadi muslimah yang baik jika tidak memenuhi syariat dalam islam. Itu sebabnya, seorang perempuan harus mengikuti hukum islam yang berlaku agar dapat menjadikan ia seorang muslimah yang sholehah.

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Ayat ini telah menjelaskan bagaimana islam mengatur seorang perempuan untuk dapat memenuhi syariat islam. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi perempuan sholehah sesuai dengan yang islam ajarkan.

Menjaga Perkataan

Salah satu cara untuk menjadi perempuan yang baik menurut islam adalah dengan menjaga perkataan. Dalam islam sendiri mengatur bagaimana kita harus menjaga lisan agar terhindar dari perbuatan dosa atau zalim. Selain itu, untuk menjaga kehormatan perempuan juga dengan selalu berucap yang baik.

Menutup Aurat

Menutup aurat juga menjadi jalan untuk menjadikan diri kita sebagai seorang muslimah yang baik. Meskipun bukan berarti harus menjadi baik dulu untuk dapat menutup aurat, namun dengan menutup aurat dapat menjaga diri. Menutup aurat akan memberi kita rasa malu saat akan berbuat hal-hal yang menyimpang dari ajaran islam.

Menjadi perempuan muslimah – yang baik menurut islam dapat kita lakukan dengan beberapa hal ini. Mulai dari kewajiban menutup aurat terlebih dahulu, kemudian mulai dengan menjaga perkataan serta perilaku. Jangan lupa juga untuk berakhlaqul karimah agar dapat menjadi perempuan yang sesuai dengan syariat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nur Ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY