Amalkan Doa Setelah Shalat Tahajud Jika Ingin Bahagia

0
56
doa setelah tahajud

Do’a Setelah Tahajud – Bagi umat Islam, do’a yang dipanjatkan di waktu sholat lail sangatlah menenangkan, tak terkecuali doa setelah shalat tahajud. Pasalnya, ketika umat menegakkan shalat malam, tak banyak dari umat yang masih terbangun sehingga kualitas dan kekhusyu’an sebuah do’a dapat lebih terjamin.

Sobat Cahaya Islam, do’a setelah shalat Tahajud memiliki keistimewaan tersendiri. Dari kandungan maknanya saja, umat akan merasa senang dan bahagia manakala mengamalkannya. Selain sholat dan berdo’a, melakukan muhasabah di malam hari juga dapat meredam stress bagi umat.

Apa Urgensitas Doa Setelah Shalat Tahajud?

Bagi umat, berdoa merupakan suatu aktivitas penting yang tak bisa ditinggalkan. Selain itu, do’a sendiri adalah senjata terkuat dan terhebat bagi umat. Sehingga, Allah SWT memerintahkan hambanya untuk terus merapalkan do’a sebagai wujud konsekuensi sebagai makhluk ciptaannya.

Masih ingatkah kisah tentang perang Badar? Di masa perang itu, bahkan di masa perang sebelumnya pun umat Islam selalu kekurangan prajurit. Namun Rasulullah tetap tenang dan mengerahkan seluruh pasukan untuk berdo’a meminta pertolongan pada Allah SWT.

Selain itu, kisah tentang kekuatan do’a yang tercermin dari Penaklukan Konstantinopel juga patut diteladani. Sebab ikhtiar yang maksimal, serta tak pernah meninggalkan shalat sunnah, maka do’a Muhammad Al Fatih sanggup membobol benteng Konstantinopel  yang berlapis – lapis.

Kendati demikian, karena doa adalah senjata yang terkuat umat tak boleh memilih untuk tak berusaha bahkan hanya berdiam diri. Hal ini adalah konsep yang salah jika bercokol dalam diri umat. Sebab. Semua kisah heroik tadi, juga berawal dengan berbagai ikhtiar serta dibarengi do’a.

Hal ini menjadi sebuah pembelajaran bahwa do’a memang harus ada dalam setiap ikhtiar. Bahkan ketika usaha sudah maksimal, maka puncak terakhir yang bisa umat lakukan yakni dengan berdoa secara ikhlas.

Bagaimana Do’a Setelah Shalat Tahajud?

Sebagai umat muslim, terdapat beberapa doa yang bisa umat panjatkan agar lebih dekat dengan Allah Ta’ala. Keharusan untuk berdoa telah Allah SWT sampaikan melalui hadits Rasullah SAW yakni :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758).

Mengapa Doa setelah Tahajud Sangat Penting?

doa setelah tahajud

Sobat Cahaya Islam, berdoa merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, berdoa setelah Tahajud juga dapat menjadikan hati semakin tentram dan nyaman. Ketenangan dan kenyamanan dekat dengan Allah SWT tentu tak akan bisa tergantikan dengan siapapun. Beberapa keutamaan yang umat dapatkan yakni :

1.      Mendapatkan Ridho Allah Ta’ala

Umat yang ikhlas berdo’a kepada Allah akan mendapatkan ridho dari Allah. Keridhoan yang umat dapatkan akan menjadi wasilah memasuki jannahNya serta mendapat berkah dalam segala aktivitasnya.

2.      Mendapat Kemuliaan di Dunia maupun Akhirat

Salah satu pencapaian terbaik menjadi seorang manusia yakni dengan mendapatkan kemuliaan dari sang Pencipta dan Pengatur Kehidupan, Allah SWT. Allah SWT telah menjamin kehidupan umat agar senantiasa mendapat kemuliaan baik di dunia maupun di akhirat apabila senantiasa mengamalkan doa selepas melakukan sholat tahajud. Sungguh indah bukan?

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah uraian tentang doa setelah shalat tahajud. Semoga dengan rutin melaksanakannya, kedekatan hamba dengan Rabbnya dapat semakin terjalin. Selain itu, umat juga mendapat kemuliaan yang sangat langka untuk didapatkan. Semangat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY