Adab Membaca Al Quran Ini Perlu Kaum Muslimin Ketahui!

0
131
Adab Membaca Al Quran Dalam Islam

Adab membaca Al Quran – Al Quran menjadi pedoman bagi kaum muslimin untuk menjalani kehidupan. Hal ini karena Al Quran itu sendiri memberikan petunjuk jalan yang lurus dan juga bimbingan kepada umat islam. Agar bisa menjalani kehidupan yang selamat, baik di dunia maupun di akhirat. Itu sebabnya, Al Quran merupakan ilmu yang utama untuk dipelajari oleh kaum muslimin. Apalagi banyak manfaat dan rahmat yang bisa kita dapat dari membaca dan mengamalkan Al Quran.

Adab Membaca Al Quran Dalam Islam

Sobat CahayaIslam, bukan hanya kita dianjurkan untuk menjalankan kewajiban sholat saja. Namun membaca Al Quran pun memiliki keutamaan, sehingga alangkah baiknya kaum muslimin mempelajari dan mengamalkannya dengan baik. Namun untuk mendapatkan pahala dari membacanya, maka seorang muslim harus megetahui apa saja adab-adab yang harus diperhatikan saat membacanya.

Adab Membaca Al Quran Ini Perlu Kaum Muslimin Ketahui! Begini Penjelasannya

Adab Membaca Al Quran Yang Perlu Kaum Muslimin Ketahui

Adab membaca Al Quran perlu untuk diperhatikan. Ini karena Al Quran merupakan salah satu rahmat yang Allah turunkan bagi umat islam. Sehingga ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika mempelajari dan mengamalkannya dengan baik dan benar. Terlebih lagi, islam juga menganjurkan kaum muslimin untuk membaca kitab suci Al Quran dalam berbagai kondisi. Ini karena Al Quran adalah sebagai penawar sekaligus pedoman hidup yang akan menghantarkan umat muslim kepada hidup yang bermanfaat.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.(1)

Namun sobat CahayaIslam, untuk mendapatkan kesempurnaan pahala dari membaca Al Quran ini. Maka kaum muslimin perlu mengetahui apa saja adab-adab dalam membacanya.

Membaca Dalam Kondisi Suci, Sopan dan Tenang

Adab Membaca Al Quran Menurut Syariat Islam

Saat membaca Al Quran, kita dianjurkan dalam keadaan suci. Dan tentu saja juga dengan cara duduk yang sopan dan dalam keadaan yang tenang. Ini akan menambahkan kekhusyu’an kita dalam membacanya dan tentunya menyempurnakan tata cara untuk membacanya dengan baik dan benar.

Membaca Dengan Tartil dan Menghayati Setiap Ayat

Yang dimaksud dengan tartil adalah pelan, ini artinya membaca Al Quran dianjurkan dengan cara yang pelan sehingga tidak terburu-buru. Sehingga kita bisa menghayati setiap ayat yang dibaca. Dan dengan begitu, kita bisa menyempurnakan bacaan kita.

Membaguskan Suara Saat Membacanya

Dalam islam sendiri, membaca ayat-ayat Al Quran dengan cara membaguskan suara atau melantunkannya justru sesuatu yang dianjurkan. Ini diperbolehkan selama tidak keluar dari ketentuan kaidah tajwid. Dengan kata lain susunan bacaan dan makhroj hurufnya jelas, dan panjang pendeknya harus dibaca dengan sesuai.

Membacanya Dengan Khusyu’ dan Dimulai Dengan Isti’adzah

Bacalah Al Quran tanpa mengganggu orang yang shalat, atau lebih dianjurkan membaca dengan suara yang lirih dan khusyu’.

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.(2)

Adab membaca Al Quran  – ternyata juga perlu untuk diperhatikan lho. Ini agar bisa mencapai kesempurnaan pahala dari membacanya. Jadi sobat CahayaIslam, mari membaca Al Quran dengan adab yang benar dan sesuai.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 82

(2) – Surat An-Nahl Ayat 98

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY