3 Strategi Gus Miftah yang Diajarkan Pada Mualaf

0
101
gus miftah

Gus Miftah – Beberapa hari yang lalu muncul pemberitaan terkait Gus Miftah yang dibully oleh pemuda Trenggalek. namun di sisi lain dibalik umat yang pro dan kontra dengannya, ternyata semangat beliau untuk mengajak seseorang masuk ke dalam Islam tetaplah sama. Dilansir dalam beberapa media beliau telah memandu seorang atheis asal Jerman untuk bersyahadat.

Sobat Cahaya Islam, menasehati seseorang dalam suatu kebaikan alias berdakwah tentu memiliki tantangan tersendiri. Hal ini yang dirasakan oleh Gus Miftah. Sontak keefektifan dakwahnya sempat dipertanyakan lantaran pernah memberikan orasi dalam gereja. Namun disisi lain, beliau memiliki sisi penyampaian yang menarik sehingga sebagian besar menjadi mualaf setelah berdiskusi dengannya. Alhamdulillah.

Bagaimana Umat Menanggapi Permasalahan yang Dihadapi Gus Miftah?

gus miftah

Sobat Cahaya Islam, permasalahan yang sedang dihadapi tidak hanya dirasakan seorang diri. Pro dan kontra dalam suatu perjalanan dakwah adalah suatu hal yang wajar. Selain itu, terkait dengan kehadiran Gus Miftah dalam gereja juga dapat segera ditabayyunkan agar bisa diketahui cara penyelesaiannya.

Sebab hal tersebut telah menimbulkan adanya pengaburan pemahaman di tengah umat muslim. Jika dibiarkan berlarut, maka umat akan terjerumus dalam bahaya krisis aqidah. Akibat darinya tentu akan sangat berdampak bagi kelangsungan hidup generasi umat.

Bagaimana Strategi Untuk Memahamkan Islam Bagi Mualaf?

gus miftah

Terlepas dari problem yang sedang dihadapi Gus kondang tersebut, hendaknya umat perlu belajar strategi untuk memahamkan Islam kepada umat lainnya terutama bagi mereka yang tertarik ingin menjadi seorang muslim.

Tentu tugas tersebut tidak hanya diemban oleh seorang Gus maupun Kyai saja, namun juga diemban oleh seluruh umat. Sebab kewajiban berdakwah itu bagi tiap kaum muslimin. Hal ini sesuai dengan dalil yang Allah SWT firmankan dalam Alquran yakni :

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)” (QS. Luqman: 17)

Beberapa strategi untuk memberikan pemahaman Islam yakni sebagai berikut :

1. Membahas tentang Uqdatul Kubro

Strategi pertama yang harus dilakukan yakni membahas tentang simpul besar dalam Islam. Simpul besar ini biasa disebut dengan Uqdatul Kubro. Uqdatul Kubro terdiri dari tiga pertanyaan besar yakni darimana dia berasal? Mengapa diciptakan? Kemana diri akan berlabuh?

Ketiga pertanyaan inilah yang perlu dijawab melalui diskusi yang mendalam. Walaupun sepele, namun menjawabnya pasti membutuhkan ketengan dan pengkajian yang mendalam. Sehingga, umat yang baru mau memahami Islam sangat dianjurkan untuk mecari guru agar tidak sesat saat mencari jawabannya.

2. Mengajak Berkumpul dengan Orang Shaleh

Selain itu, salah satu hal yang bisa dilakukan yakni dengan mengajaknya mengikuti majelis keilmuan. Dalam majelis tersebut, maka umat akan merasaka kehadiran orang – orang Sholeh disekitarnya. Sehingga hal itu akan menjadi support system bagi sang mualaf.

3. Mengajak pada Berbagai Amalan Kebaikan

Selain kedua hal diatas, seorang mualaf haruslah diberi teladan oleh seseorang yang gemar melakukan amalan kebaikan baik wajib maupun Sunnah. Mengapa demikian,? Supaya sang mualaf dapat melihat bahwa khazanah dan jalan untuk mencapai Ridho Allah SW begitu banyak. Sehingga para mualaf juga perlu diberi contoh untuk saling melakukan amalan kebaikan.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai pandangan Islam mengenai problem yang sedang dihadapi Gus Miftah serta beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memahamkan Islam kepada para mualaf. Semoga semakin bertambahnya tahun, jumlah dan kualitas umat Islam semakin meningkat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY