Adanya Aktivitas Bagang Sebabkan Kerusakan Ekosistem Laut di Pangandaran, Hati-Hati! Ini Akibatnya Menurut Islam

0
136
Adanya Aktivitas Bagang 1

Adanya aktivitas Bagang – Pemerintah kabupaten Pangandaran membuat penertiban untuk adanya Bagang. Bagang itu sendiri merupakan bangunan dari kayu yang dibuat dari bambu. Fungsinya adalah untuk menangkap ikan. Namun aktivitas dari Bagang sendiri ternyata memiliki dampak negatif bagi kelestarian dari ekosistem laut. Hal ini karena jaring dengan lubang kecil yang digunakan dan posisi yang dekat dengan pantai dan karang membuat ikan-ikan kecil banyak tertangkap.

Adanya Aktivitas Bagang 1

Karang yang merupakan tempat untuk berkembang biak ikan akhirnya habis karena adanya Bagang. Dan ini tentu saja membuat perkembang biakkan ikan juga habis dan tidak akan ada ikan besar. Pengurus HNSI Pangandaran kemudian mengutarakan kepada Pemkab untuk mengkaji ulang keberadaan Bagang sebagai upaya untuk pelestarian lingkungan. Apalagi sebagai nelayan yang hidupnya juga dilaut. Dalam islam juga menegaskan bahwasanya manusia harus bisa menjaga lingkungan.

Adanya Aktivitas Bagang Sebabkan Kerusakan Ekosistem Laut, Ini Akibatnya Menurut Islam

Adanya Aktivitas Bagang 2

Adanya aktivitas Bagang ini menyebabkan kerusakan ekosistem laut. Hal ini dikarenakan bukan hanya ikan besar saja yang tertangkap, namun juga ikan-ikan kecil yang merupakan anak ikan. Ini tentu saja sudah bertentangan dengan ajaran islam. Hal ini karena islam menganjurkan untuk menjaga lingkungan dan larangan untuk berbuat kerusakan. Dan merusak ekosistem laut tentu saja merupakan perbuatan yang bisa menjadikan kerusakan di bumi.

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Dalam ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Allah melarang untuk berbuat kerusakan di bumi yang telah diciptakan dengan baik. Apalagi Allah telah menurunkan berbagai rahmat di bumi tempat manusia hidup ini. Itu sebabnya, manusia tidak seharusnya membuat kerusakan. Tahukah sobat CahayaIslam, ini lho akibatnya merusak ekosistem laut atau berbuat kerusakan menurut islam.

Adanya Aktivitas Bagang 3

Menyebabkan Murka Allah SWT

Seringkali kita sebagai manusia tidak sadar, bahwa apa yang terjadi di bumi bukan hanya mengenai ketetapan Allah saja. Namun juga sebagai akibat dari ulah manusia. Itu sebabnya, berbuat kerusakan di bumi bisa menyebabkan murkanya Allah lho sobat CahayaIslam. Maka dari itu, Allah menurunkan musibah sebagai teguran kepada manusia agar berhenti untuk berbuat kerusakan.

Menjadikan Perbuatan Dosa

Merusak ekosistem laut yang berarti juga berbuat kerusakan di bumi. Ini bisa menjadikannya sebagai perbuatan dosa. Bukan hanya karena bertentangan dengan ajaran islam, namun juga karena menimpakan kesusahan dan kerugian kepada makhluk yang lain. Maka dari itu, kaum muslimin dilarang untuk berbuat kerusakan karena bagaimanapun mencintai bumi ini adalah kewajiban setiap manusia.

Adanya aktivitas Bagang – merupakan salah satu contoh berbuat kerusakan di bumi. Dan ini sungguh bertentangan dengan ajaran islam tentu saja. Semoga kita bukan termasuk golongan orang yang suka berbuat kerusakan ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’Raf Ayat 56

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY