Resolusi Tahun Baru 2021 Secara Islami

0
208

Resolusi Tahun Baru – Bolehkah seorang muslim membuat Resolusi Tahun Baru? Tentu tidak ada larangan bagi setiap muslim mempersiapkan resolusi untuk merancang apa yang ingin dicapai pada tahun berikutnya. Dalam melakukan sesuatu jika disertai dengan niat yang baik, maka hukum Islam menentukan berbagai perbedaan derajat yang didapatkan.

Adanya sebuah resolusi akan mempermudah seseorang dalma menggapai apa yang ingin dicapai. Dalam pembuatan sebuah Resolusi Tahun Baru, ada dua hal yang amat penting diperhatikan yakni niat dan tindakan. Dua hal ini merupakan pondasi yang harus dibangun sekokoh mungkin.

Allah Ta’ala menilai niat dan tindakan seorang manusia. Dalam sebuah hadits Qudsi yang terkenal mengatakan: 

“Sesungguhnya Allah menulis kebaikan-kebaikan dan kesalahan-kesalahan kemudian menjelaskannya. Barangsiapa berniat melakukan kebaikan namun dia tidak (jadi) melakukannya, Allah tetap menuliskanya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya. Jika ia berniat berbuat kebaikan kemudian mengerjakannya, maka Allah menulisnya di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat sampai kelipatan yang banyak. Barangsiapa berniat berbuat buruk namun dia tidak jadi melakukannya, maka Allah menulisnya di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Dan  barangsiapa berniat berbuat kesalahan kemudian mengerjakannya, maka Allah menuliskannya sebagai satu kesalahan,” (HR Bukhari dan Muslim).

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hukum Islam menentukan perbedaan derajat terhadap setiap niat yang baik. Sobat Cahaya Islam, mari ambil contoh seseorang yang sudah berniat sedekah, lalu tidak melakukannya. Karena seseorang tersebut sudah memiliki niat, maka sudah terdapat pahala yang baik atas niatnya untuk bersedekah. Lantas, berhati-hatilah dalam mengungkapkan niat.

Resolusi Tahun Baru 2021 Secara Islami

Sebuah resolusi akan mempermudah setiap langkah yang dijalani guna menggapai apa yang dicita-itakan. Namun, setiap niat yang baik harus disertai dengan tekad serta tindakan yang pasti. Lantas, apa saja Resolusi Tahun Baru yang bisa dibuat? Yuk simak informasinya!

1.   Agar Shalat Tepat Waktu

Hal pertama yang bisa masuk ke dalam deretan Resolusi Tahun Baru yakni menjaga shalat agar selalu tepat waktu. Sibuknya aktivitas sehari-hari, tidak sedikit seorang muslim yang lalai dalam menjalankan rukun Islam ke-2 ini. Lantas, untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, masukkan ke dalam dafatr resolusi guna melaksanakan shalat tepat waktu. Waktu pelaksanaan shalat tentunya tidak sembarangan, sebagaimana dijelaskan dalam Firman Allah swt. dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 103:

   فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Qs. An-Nisa: 103)”.

2.   Mengutamakan Shalat Berjamaah

Resolusi lainnya yakni lebih mengutamakan shalat berjamaah. Jika pada tahun sebelumnya, jarang melakukan shalat berjamaah, maka di tahun baru yang akan dijajaki hendaknya senantiasa mengutamakan shalat berjamaah. Meskipun masa pandemi, tentunya tidak menjadi penghalang untuk melakukan shalat berjamaah. Jika tidak bisa dilakukan di masjid, maka bisa dilakukan di rumah bersama keluarga tercinta.

3.   Mempelajari Al-Qur’an Secara Mendalam

Membaca Al-Quran serta mempelajarinya dengan baik merupakan suatu ibadah yang amat menentramkan hati dan pikiran. Mempelajarinya seara mendalam guna meningkatkan wawasan serta pengetahuan tentu akan menjadi Resolusi Tahun Baru yang bermanfaat. Untuk mempelajarinya secara benar, bisa dimulai dengan pembelajaran tajwid hingga tafsir terhadap ayat-ayat Al-Quran.

4.   Meningkatkan Nafkah untuk Keluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, meningkatkan nafkah untuk keluarga tercinta tentunya menjadi satu hal yang amat didambakan. Hal ini bisa masuk ke dalam deretan resolusi yang dibuat. Istri maupun anak merupakan amanat yang hendaknya dirawat dan dididik dengan penuh tanggung jawab. Langkah yang satu ini bisa dijadikan jalan menuju keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah.

Nah, itulah beberapa Resolusi Tahun Baru yang bisa dibuat untuk menjajaki tahun 2021 yang lebih baik. Setiap daftar resolusi, hendaknya disertai dengan niat dan tindakan untuk bisa menggapainya. Setiap pohon yang ditanam kelak akan menghasilkan buah, bergantung pada pemilik dalam mengikhtiarkannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY