15 Ramadhan Disebut-Sebut Datangnya Kiamat! Percaya Atau Tidak?

0
72
15 Ramadhan Datangnya Kiamat Dikaitkan Fenomena Asteroid

15 Ramadhan – Baru-baru ini beredar tulisan hadist yang mana dimaknai sebagai prediksi hari kiamat pada 15 bulan Ramadhan. Dimana ini jatuh pada tanggal 8 Mei 2020. Kiamat yang disebut-sebut akan terjadi ini ditandai dengan beberapa peristiwa, salah satunya adalah suara dentuman keras. Ini merupakan salah satu tanda yang dituliskan dalam hadist tersebut. Hal ini kemudian dikaitkan dengan fenomena asteroid. Siapa yang tidak takut mendengar hari kiamat?

Hari kiamat adalah akhir dari segalanya, dimana bumi dan seluruh isinya hancur. Barangsiapa yang akan menghadapi kiamat, tentu harus memiliki cukup bekal. Lalu bagaimana dengan kita sebagai seorang muslim? Banyak hal yang masih harus diperbaiki, dibenahi termasuk iman kita. Berita semacam ini sudah pasti membuat heboh dan takut. Sehingga banyak orang mempertanyakan apakah ini benar? Lalu harus percaya atau tidak?

15 Ramadhan Datangnya Kiamat, Atas Dasar Apa Kita Harus Percaya?

15 Ramadhan Diprediksi Hari Kiamat Ditandai Dentuman Keras

15 Ramadhan dikaitkan sebagai prediksi hari kiamat yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2020. Beredarnya sebuah tulisan yang diyakini sebagai hadist dengan penjelasan tanda-tanda kiamat dan prediksinya. Jelas membuat banyak orang merasa takut. Belum selesai wabah yang saat ini sedang merundung negara kita. Kemudian digemparkan dengan isu akan datang hari kiamat. Dengan tanda berupa dentuman keras yang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi dimana asteroid bergerak mendekati bumi.

Adanya berita ini membuat banyak tokoh agama ikut angkat bicara. Termasuk Buya Yahya yang mengatakan bahwa kiamat pasti datang. Bahkan tidak perlu menunggu 15 pada Ramadhan, esok haripun kiamat bisa saja datang. Namun sebagai umat muslim, kita tahu bahwa kematian pun menjadi rahasia Allah SWT. Begitu juga dengan hari kiamat, yang tidak satu pun mengetahuinya kecuali Allah SWT. Lalu bagaimana dengan isi tulisan hadist yang memprediksi kiamat ini?

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

Hadist Tidak Shahih dan Begini Pendapat Para Ahli Hadist

15 Ramadhan Datangnya Kiamat dan Begini Kata Ahli Hadist

Dalam hal ini, tidak ada hadist shahih yang menjelaskan tentang datangnya hari kiamat secara pasti. Pakar hadist seperti Ibnu al-Djauzi, Uqaili dan Zahabi menyampaikan bahwa riwayat dari hadist ini tidaklah dibenarkan. Selain itu hadist ini juga dinyatakan sebagai hadist palsu. Sehingga prediksi mengenai hari kiamat yang akan jatuh pada bulan Mei ini hanya merupakan huru hara yang terkesan menakut-nakuti.

Sobat cahaya muslim, seperti yang disampaikan dalam ayat Al- Qur’an bahwa hari kiamat ini tidak ada seorangpun yang tahu. Hanya Allah saja yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Jika pun datang maka itu akan secara tiba-tiba. Jadi, yang harus kita lakukan bukanlah mempercayai hadist yang bahkan tidak bisa dipastikan kebenarannya. Namun bagaimana untuk menghadapi hari kiamat yang pasti datang.

Mempersiapkan Diri Sebaik-Baiknya Adalah Sikap Terbaik

15 Ramadhan Isu Kiamat dan Sikap Terbaik Adalah Persiapan Diri

Hari kiamat pasti akan datang, namun kiamat yang paling dekat dengan kita adalah kematian. Sebelum berpikir mengenai hari kiamat, alangkah lebih baik jika kita mempersiapkan diri untuk kematian yang pasti datang menghampiri. Bagaimana untuk menghadapinya, tentunya dengan memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT.

15 Ramadhan – Huru hara mengenai hari kiamat tidak perlu membuat kita takut. Bahkan tanpa berita seperti ini pun kiamat sudah dipastikan akan datang. Hanya saja, kita tidak pernah tahu kapan waktunya. Maka sobat cahaya islam, mari kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 187

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!