Arteria Dahlan Ancam Buka Aib, Apakah Diperbolehkan Dalam Islam?

0
81

Arteria Dahlan – Masyarakat Indonesia mendapatkan kabar bahwa baru-baru ini Najwa Shihab mengkritik kinerja DPR dalam masa pandemi. DPR seolah tidak serius dalamn membahas masalah yang begitu penting saat ini yakni mengenai penanganan covid-19 dan justru membahas hal lainnya.

DPR saat ini sedang sibuk membahas mengenai RUU seperti Omnimbus Law dan yang lainnya padahal undang-undang tersebut terkesan menyengsarakan rakyat. Masyarakat saat ini memang sedang berjuang bertahan hidup ditengah pandemi. Kasus orang yang terjangkit corona di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Pemerintah hanya menghimbau untuk melakukan PSBB namun pada kenayataannya masih banyak rakyat yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Apa yang dilakukan DPR ini tentu saja membuat masyarakat merasaa geram sehingga Najwa Shihappun mengeluarkan kritik pedasnya. Kritikan yang disampaikan oleh Najwa ini mendapatkan tanggapan serius dari Arteria Dahlan yang merupakan salah satu anggota DPR.

Arteria Dahlan mengancam buka aib Najwa Shihab

Arteria Dahlan menanggapi kritikan dari Najwa Shihab dengan mengancam untuk membuka aibnya. Ancaman semacam ini tentu saja bukan merupakan hal yang baik pasalnya apa yang disampaikan oleh Najwa Shihab memang benar adanya. Najwa menganggap jika para pejabat di negara ini tidak serius dalam menangani virus corona seperti yang dilakukan oleh negara-negara lain di dunia.

Masyarakat pun juga menunggu kepastian mengenai tindakan nyata yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penularan virus dan mengehentikan peningkatan kasus positif corona.

Membuka Aib Dilarang dalam Islam

Ancaman membuka aib seseorang yang melakukan kritik positif sudah jelas bukan hal yang baik. Sesuatu yang tidak baik juga sangat dilarang dalam Islam apalagi ancamannya adalah membuka aib. Melakukan kritik adalah hal yang wajar bahkan wajib apalagi dilakukan oleh seseorang yang sudah profesional kepada pemerintah yang melakukan kebijakan kurang baik.

Allah memerintah seseorang untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Jika ada pemerintah yang melakukan kezaliman kepada rakyat maka wajib bagi kita untuk saliung mengingatkan agar kembali kepada jalan yang lurus.

Cara mengkritik yang dilakukan oleh Najwa sudah baik namun memang bagi Arteria Dahlan mungkin terasa tidak nyaman sehingga mengancam membuka aib. Alangkah lebih baik jika kritikan tersebut diterima dan kemudian dicerna daripada mengancam melakukan tindakan yang saling meerugikan.

Membuka aib orang lain sama dengan menghina. Orang yang membuka aib orang lain akan dibalas oleh Allah dengan dibuka juga aibnya. Allah telah berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha penerima tobat, Maha Penyayang” (QS al- Hujurat:12).

Banyak orang yang saat ini senang membuka aib orang lain demi untuk menutupi aibnya sendiri. Perbuatan seperti ini sangat hina karena Allah saja maha menutupi aib hambaNya. Jika ada seseorang yang dengan sengaja membuka aib orang lain maka Allah juga memiliki kuasa untuk membuka aib orang tersebut karena semua orang memiliki aib.

Sobat Cahaya Islam, manusia yang beriman haruslah memiliki akhlaq yang mulia. Apa yang dilakukan oleh Arteria Dahlan yang mengancam membuka aib bukanlah hal yang patut dicontoh. Mengancam sendiri sudah merupakan perbuatan yang tidak baik apalagi jika nanti benar membuka aib orang yang melakukan kritik positif.

Semoga Allah melindungi negara kita dan segera menyudahi virus corona yang hingga saat ini masih mengancam dunia. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!