Ayat-Ayat Al Quran Penyemangat ini Bisa Meringankan Beratnya Cobaan Hidup Lho! (Part 1)

1
2180

Ayat Al Quran penyemangat adalah tema kita hari ini sobat! – Agaknya yang selalu trend dikalangan netizen selama ini adalah Quotes atau kata-kata mutiara baik itu tentang kehidupan, cinta, keluarga, kesuksesan dan lain sebagainya yang memang sedang dibutuhkan. Orang yang sedang dilanda peliknya permasalahan cinta sama mencari quote tentang cinta agar tegar dan kuat. Orang yang sedang bersemangat bekerja mencari quote tentang kesuksesan supaya lebih terbakar semangat. Sama halnya mereka yang ingin meringankan beratnya cobaan hidup.

Namun tahukah sobat Cahayaislam, bahwa sebenarnya alih alih kita mencari kata mutiara dari manusia biasa atau artis terkenal, kita sudah punya lho sumber quotes yang jauh lebih luar biasa: ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi firman-firman Allah. Nah, kali ini tim Cahayaislam akan kasih 8 Ayat Al Quran penyemangat untuk kalian yang sedang dilanda cobaan hidup yang berat. Insha Allah dengan keyakinan kepada Allah, hati anda akan terasa lebih ringan dengan ayat-ayat ini.

Dalam Surah Al Baqarah 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah SWT tidak mencoba atau membebani seorang hambanya melainkan hal itu sesuai dengan kesanggupannya. Dan dia mendapat kebaikan (pahala) dari apa-apa yang diusahakannya dan siksa dari apa-apa (amalan buruk) yang dia kerjakan. Mereka sama berdoa: Wahai penguasa kami (Allah), mohon jangan beri hukum pada kami bila lupa dan salah terjadi atas kami, Jangan engkau timpakan beban berat seperti Engkau telah menimpakannya kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah engkau pikulkan segala hal yang kami tidak sanggup pikul, serta beri ma’af kami, ampuni kami serta rahmatilah kami. Engkau adalah penolong kami, maka berilah pertolongan kami terhadap mereka yang kufur.

Kami yaikin ayat Al Quran penyemangat ini adalah ayat yang sangat sering kita dengar, baik dalam pengajian-pengajian maupun nasihat agama dari para ulama. Ingat dan yakinlah bahwa ketika Allah menguji kita dengan suatu permasalahan hidup, itu berarti Allah yakin bahwa kita bisa dan sanggup untuk mengatasinya. Terlebih lagi ayat diatas berisi doa, supaya lebih diringankan beban permasalahan yang kita hadapi. Anda bisa praktekkan itu.

Dalam Surah Al Insyirah 5 & 6

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Maka sesungguhnya dimana kesusahan berada, ada pula kemudahan disekitarnya – dan sesungguhnya beserta kesulitan ada hal yang gampang (jalan keluar)

Ayat ini berupa quote atau kata mutiara yang bisa dipetik dari Al-Qur’an. Ayat ini juga berisi firman Allah bahwasanya Dia berjanji bahwa akan ada kemudahan dan jalan keluar bagi semua permasalahan dan kesulitan yang kita hadapi. Dengan catatan, kita selalu berusaha lebih dekat dengan Allah, supaya dekat pula pertolongan Allah kepada kita semuanya.

Dalam Surah Thaha 124

 وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَىٰ

Dan barang siapa yang berpaling dari ingat kepadaKu Allah (dzikrullah) maka sesungguhnya baginya kehidupan yang penuh dengan kesempitan dan kami Allah akan mengumpulkan mereka kelak dengan buta.

Ayat Al Quran penyemangat yang satu ini berbeda dengan dua tiga ayat sebelumnya diatas. Bukan berupa quotes ataupun doa, namun berupa ancaman dari Allah SWT langsung kepada kita. Ayat ini dengan jelas menjelaskan bahwa bila kita tidak senantiasa ingat kepada Allah, maka kita diancam akan disempitkan hidup kita. Banyak dari para ulama yang mengartikan kesempitan hidup ini berupa kemiskinan maupun permasalahan hidup yang seolah-olah tidak ada habisnya. Tentu sobat tidak ingin hidup dalam keadaan demikian bukan?

1 KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!