Yuk Pelajari Cara – cara Agar Terhindar dari Munafik

0
247
cara agar terhindar dari munafik

Cara agar terhindar dari Munafik – Munafik merupakan sifat yang sangat berbahaya dan tercela. Munafik adalah orang yang bicaranya tidak sesuai atau berlawanan dengan perilakunya, batinnya beda dengan lahiriyah. Tanda-tanda orang yang munafik itu jika dia berbicara dia berdusta, jika berjanji dia berdusta, dan jika dipercaya ia berkhianat. Tanda-tanda orang munafik tersebut sesuai dengan hadits nabi:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati” (hr al-bukhari, kitab iman, bab tanda-tanda orang munafik, no. 33 dan muslim, kitab iman, bab penjelasan sifat-sifat orang munafik, no. 59).

Orang yang mempunyai munafik sulit dikenali, sebab ia meniru perbuatan yang seperti orang beriman lakukan. Meskipun ia melakukan apa yang orang beriman lakukan, tetapi hatinya lalai. Orang munafik seringkali melakukan pencitraan. Ia menggunakan lisannya untuk berdusta, mencoba tampil baik di hadapan orang tetapi hatinya berlawanan dengan apa ia tampilkan di luar.

Orang munafik tidak akan mendapat pertolongan dari Allah, bahkan kelak mereka akan ditempatkan di neraka yang paling dalam. Begitu bahayanya akibat penyakit munafik, maka dari itu kita sebagai kaum muslimin sudah sepatutnya melakukan cara agar terhindar dari munafik. Berikut ini adalah cara agar terhindar dari munafik:

Shalat berjama’ah & Sholat Tahajud Bisa jadi Kunci Jauhkan Kemunafikan

Orang yang melaksanakan shalat berjamah bisa terhindar dari munafik. Shalat jamah bisa menghindarkan diri kita dari kemunafikan sebab tak mudah untuk mendapatkan takbiratul ihram imam. Shalat berjamaah berarti kita melaksanakan shalat tepat waktu. Dan itu bisa menjadi salah cara agar terhindar dari munafik.

Orang munafik hanya mengerjakan ibadah hanya untuk memperlihatkannya kepada orang lain. Sobat cahaya Islam, tahukah kalian jika ternyata shalat tahajud bisa menghindarkan kita dari sifat munafik. Melaksanakan tahajud bisa menjadi bukti bahwa di dalam dirinya tidak ada sifat nifak atau munafik.

Cara agar terhindar dari Munafik adalah Perbanyak dzikir dan Bersedekah

Dzikir adalah obat ampuh untuk berbagai macam penyakit, khususnya penyakit hati. Seseorang bisa mempunyai penyakit munafik karena ia kurang berdzikir dan mengingat kepada Allah. Hendaknya seseorang berdzikir dan mengingat kapanpun dan di manapun. Sebab itu akan menghindarkan diri kita dari sifat munafik.

Orang-orang munafik biasanya orang yang tidak suka bersedekah. Kalaupun mereka bersedekah bukan karena niat untuk Allah tetapi hanya untuk pencitraan; dipandang baik oleh orang lain.

Cara agar terhindar dari Munafik denganMempelajari ilmu agama lebih dalam

Dalam sabdanya rasullullah berkata bahwa ada dua sifat yang tidak akan pernah tergabung ke dalam hati orang yang munafik yaitu hati yang berperilaku luhur dan yang pemahaman agama yang baik. Jadi memahami ilmu agama dengan baik bisa menjadi cara agar terhindar dari munafik.

Yang Pasti Jangan Lupa Memohon perlindungan  dari godaan syetan kepada Allah, Tuhan Semesta Alam

Setan tidak akan pernah berhenti menggoda manusia untuk berbuat dosa hingga hari kiamat. Seseorang bisa mempunyai sifat munafik karena bujuk rayu syetan. Cara agar terhindar dari munafik salah satunya dengan memohon kepada Allah untuk memperoleh perlindungan dari godaan syetan.

Membiasakan untuk membantu orang lain Jauhkan Kemunafikan

Membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan merupakan akhlak yang sangat mulia. Misalnya, membantu orang tua menyeberang jalan, memberi tempat duduk kepada ibu hamil saat di dalam angkutan umum. Tindakan seperti tu merupakan tindakan moral yang bagus untuk menghindarkan diri dari sifat munafik. Kita harus secara konsisten dalam melakukan perbuatan baik supaya terhindar dari munafik. Munafik sangat berbahaya bagi kita, kita bisa mendapat laknat dari Allah jika kita mempunyai sifat seperti demikian. Kita bisa melakukan cara agar terhindar dari munafik dengan mengamalkan cara-cara di atas.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY