Gimana Cara Menghindari Sifat Sombong?

0
355
Gimana Cara Menghindari Sifat Sombong

Menghindari sifat sombong – Allah mengusir iblis dari surga hanya karena satu kesalahan saja. Padahal iblis dulu salah satu ciptaan Allah yang taat. Ia sombong karena merasa dirinya lebih baik dari manusia pertama yaitu adam. Ia tidak menuruti perintah Allah untuk bersujud kepada nabi adam as dikarenakan ia merasa lebih baik dan lebih sempurna daripada manusia. Nabi bersabda dalam sebuah hadits:

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Allah itu indah menyukai sikap berhias. Sombong itu menolak kebenaran dengan takabbur dan merendahkan orang lain. (hr. Muslim 275)

Allah sangat tidak suka orang yang sombong, ia benci dengan sifat sombong itu. Sombong bisa menjangkiti siapapun bahkan orang yang ahli ibadah bisa terkena penyakit hati ini. Sobat cahaya Islam, kita harus hati-hati dengan sifat sombong ini dan berusaha menghindari sifat sombong. Seseorang yang sombong karena ibadahnya kepada Allah, oleh Allah orang tersebut akan dimasukkan ke neraka. Contoh lainnya, seseorang yang hafal al-quran tapi tujuan awal hapal al-quran hanya untuk pamer, maka itu sudah termasuk bentuk kesombongan.

Ingin Menghindari Sifat Sombong? Kenali Dulu 3 jenis sifat sombong   

Pertama, sombong terhadap Allah. Penyakit sombong jenis ini merupakan jenis sombong yang paling parah. Ia sombong kepada Allah dengan tidak pernah mentaati perintahnya, tidak pernah mengamalkan ajaran agama. Orang yang sombong kepada Allah ini tidaki segan untuk melakukan perbuatan dosa dan melanggar apapun yang menjadi larangannya.

Kedua, sombong terhadap rasullullah. Seseorang bisa dikatakan sombong kepada rasullullah apabila ia tidak mengikuti bahkan menolak apa yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Ia tidak pernah peduli dan cenderung mengabaikan ajaran rasullullah.

Ketiga, sombong terhadap manusia. Sombong jenis terakhir ini merupakan jenis sombong yang sering manusia lakukan. Orang yang merasa dirinya lebih baik dari orang lain bisa dikategorikan sebagai orang sombong. Apapun bisa disombongkan oleh manusia, misalnya sombong akan prestasinya, sombong akan ibadahnya, sombong karena paling merasa benar, atau sombong karena perbuatan baiknya.

Sifat sombong sangatlah berbahaya, maka hati-hati dengan sifat sombong. Perbuatan yang baik yang kita lakukan bisa menjerumuskan kita pada kesombongan. Lalu, bagaimana caranya supaya kita bisa mencegah sifat sombong pada diri kita? Berikut adalah cara-cara menghindari sifat  sombong:

Niatkan setiap perbuatan dengan ikhlas karena Allah ta’ala

Sobat cahaya Islam untuk menghindari sifat sombong, pertama kalian harus niatkan setiap perbuatan hanya karena Allah semata. Seringkali kita berbuat baik hanya karena ingin orang lain lihat lalu memuji kita. Demi Allah sobat cahaya Islam, jika kita berbuat baik hanya karena menginginkan hal remah seperti itu. Allah tidak akan menerima amal baik kita, justru Allah membenci itu karena sudah masuk sifat sombong. Jadi, kita harus melandasi niat kita hanya untuk mencari ridho Allah dan dilakukan dengan ikhlas.

Menghindari Sifat Sombong dengan Beribadah dengan khusyuk

Menghindari sifat sombong juga bisa dengan cara meningkatkan kualitas ibadah kita. Artinya kita harus berusaha khusyuk ketika beribadah pada Allah. Beribadah dengan khsuyuk dapat membersihkan hati kita. Hati yang bersih akan mempengaruhi tingkat keikhlasan dalam perbuatan kita.

Membiasakan Diri untuk Selalu Bersikap Rendah Hati

Sifat sombong muncul karena kita merasa lebih baik dari orang lain. Untuk menghindari sifat sombong seperti ini, kita sebaiknya selalu merasa rendah hati dan tidak merasa diri kita lebih baik dari orang lain. Merasa ibadah kita lebih baik dari orang lain juga termasuk sifat sombong. Sifat sombong sungguh berbahaya, untuk menghindari sifat sombong kita bisa meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah, ikhlas dan niatkan karena Allah SWT di setiap perbuatan kita, dan selalu merendahkan hati kita agar tidak merasa lebih baik dari orang lain.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY