Jaga Diri, Agar Tak Sekasus Dengan Komedian Bill Cosby

0
26
Komedian Bill Cosby

Komedian Bill Cosby – Baru – baru ini terdengar kabar pemberitaan bahwa komedian Bill Cosby telah bebas dari penjara setelah tuduhan kasus pelecehan seksual kepada seorang wanita di tahun 2018 silam. Kasus tersebut menjadi trauma tersendiri di kalangan kaum komedian sekaligus para fans yang ikut menonton lawakan mereka.

Sobat Cahaya Islam, pelecehan yang pernah komedian Bill Cosby lakukan bisa saja umat alami di negeri dengan latar belakang pekerjaan apapun. Sehingga umat perlu mawas diri agar tak sampai menjadi korban pelecehan baik itu laki- laki maupun wanita.

Belajar dari Kasus Komedian Bill Cosby, Apa Saja Faktor yang Menjadikan Umat Mendapat Perilaku Pelecehan Seksual?

Terjadinya pelecehan seksual bisa saja karena beberapa hal. Sebab, tak mungkin suatu kasus dapat terjadi tanpa ada penyebab yang pasti. Beberapa faktor di antaranya yang perlu tersolusikan yakni :

1.    Tidak Menutup Aurat

Salah satu hal yang menajdi pemicu terjadinya pelecehan seksual yakni laki – laki dan perempuan tidak menutup aurat secara syar’i. Memang tak menutup kemungkinan bahwa hari ini sebagian besar masyarakat telah berhijrah dan menutup aurat. Namun, pemahaman tentang aurat kebanyakan seringkali dalam mode bebas tafsir.

Artinya, umat memandang menutup aurat ya seperti menutup tubuh saja tanpa memerdulikan ketebalan maupun bentuk dari baju yang akan umat gunakan. Terutama bagi kaum muslimah, masih banyak yang salah kaprah dalam mengartikan jilbab dalam surat Al Ahzab ayat 59 :

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Artinya :  Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dalam kitab pergaulan karangan Syaikh Taqiyuddin An – Nabhani telah beliau jelaskan bahwa standar jilbab yakni baju kurung alias baju lorong atau biasa kita kenal dengan nama gamis. Dalam keterangan lainnya beliau juga menjelaskan bahwa gamis maupun kerudung yang umat pakai haruslah tidak terawang dan tidak membentuk lekuk tubuh.

2.    Tidak Menjadikan Islam sebagai Pandangan Hidup

Selain itu, faktor kedua yang menjadi pemicu meningkatnya kasus pelecehan seksual yakni karena tak semua umat memahami hakikat Islam sebagai pandangan hidup bagi mereka.

Jika mereka menjadikan Islam sebagai way of life, tentu umat akan dengan senang hati mengkaji aktivitas apa yang boleh dan tidak dalam Islam. Termasuk belajar tentang hukum antara laki – laki dan perempuan itu sendiri. Sehingga, dengan adanya pengkajian tersebut dapat meminimalisir terjadinya kasus pelecehan seksual.

3.    Propaganda Media Tentang Pergaulan Bebas

Komedian Bill Cosby

Nah, selain kedua hal diatas, umat juga perlu mawas diri terhadap media sebagai penyumbang pemikiran bagi generasi. Tidak dapat dinafikkan bahwa generasi hari ini lebih mengenal pergaulan bebas justru dari tontonan di TV dan film.

Justru kondisi ini sangat membahayakan bukan? Islam sebagai landasan kehidupan kaum muslimin sebenarnya memiliki solusi untuk menangkal propaganda tersebut. Namun, tentu melibatkan aspek lainnya seperti penormalan regulasi di tingkat industri perfilman bahkan sampai aspek ekonominya. Semua hal bisa saling terkait jika umat mengkajinya dengan cermat.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Komedian Bill Cosby serta beberapa faktor penyebab pelecehan seksual bisa terjadi. Semoga ke depan uamt dapat lebih waspada dan mawas diri sehingga tak ada kasus yang serupa. Amin Yarobbal ‘Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY