Yuk, Ambil Pelajaran dari Perceraian AA Gym dan Teh Nini

0
39
aa gym

AA Gym – Baru – baru ini, konflik antara AA Gym dan Teh Ninih kembali mencuat ke publik. Keluarga ini awalnya nampak baik – baik saja bahkan terkesan tanpa masalah. Namun, siapa sangka di balik keindahannya, tetap saja ada permasalahan. Ya, namanya berumah tangga. Tak ada siapapun yang akan lolos dari problematika, termasuk perceraian itu sendiri. 

Sobat Cahaya Islam, menghadapi perceraian bukanlah suatu guyonan maupun candaan. Hal inilah yang juga dirasakan oleh AA Gym dan istrinya. Bisa jadi karena alasan yang lumayan dasar, maka rumah tangga yang sudah dibangun puluhan tahun terpaksa kandas di tengah jalan.

Bagaimana Umat Merespon Perceraian yang Dilakukan oleh AA Gym?

Sebagai kaum muslimin, tentu akan saling menyadari bahwa perceraian adalah perbuatan yang dilarang bahkan umat harus menjauhinya. Namun, permasalahan dalam rumah tangga kerap kali berat sehingga daripada hanya menambah dosa lebih baik untuk diakhiri. Ini adalah pertimbangan yang biasa dijadikan landasan oleh umat sebelum terjadinya perceraian.

Apa Saja Hal – Hal yang Berubah Setelah Perceraian?

Umat muslim harus menyadari bahwa kondisi kehidupan antara ayah, ibu dan anak tak lagi sama seperti sediakala. Beberapa hal yang berubah diantaranya adalah :

1.    Kedudukan Mahram

aa gym

Umat perlu menyadari, perceraian menyebabkan antara ibu dan ayah tak lagi sebagai mahram. Itu berarti, mantan suami maupun istri harus menyadari bahwa kedudukan mereka terpisah sebagaimana hukum laki – laki dan perempuan muslim.

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Artinya : Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. (QS. An-Nur ayat 30)

Umat harus lebih berhati – hati dalam aspek mahram manakala sedang bersama merawat sang anak. Sebab, sebagian besar fakta menunjukkan bahwa pasangan muslim yang sudah memutuskan untuk bercerai masih sering terlihat bersama bahkan tak segan bergandengan tangan maupun berpelukan. Padahal sejatinya dalam Islam, hal tersebut tak diperkenankan.

2.    Pemberian Nafkah

aa gym

Selain kedudukan mahram, masalah terkait nafkah juga terkadang menjadi masalah baru. Sebagian fakta menggambarkan bahwa pihak sang ayah seakan – akan lepas tangan dengan kondisi sang anak di sisi sang ibu. Tentu hal tersebut tidak boleh terjadi.

Sebab, pembelajaran ayah kepada sang anak juga penting. Selain itu, Islam tak pernah menjelaskan bahwa hubungan antara ayah dan anak maupun sang ibu akan terputus manakala terjadi perceraian. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi ayah untuk tetap membiayai anak walaupun sudah bercerai dengan sang ibu. Selain itu, tanggung jawab ayah selain memberikan nafkah juga mendukung secara moriil kepada sang anak.

3.    Kedekatan Antar Keluarga Berjarak

Secara tidak langsung, perceraian antar istri dan suami juga menceraikan keluarga besar. Hal ini bisa terlihat dari kondisi kehidupan sekarang. Perceraian malah menyebabkan keretakan hubungan antar keluarga besar. Padahal dalam Islam sendiri, umat wajib untuk memperpanjang silaturrahmi dan Allah SWT akan menjamin umat tersebut.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikanlah ulasan terkait perceraian AA Gym dengan istrinya. Semoga keduanya saling diberikan kekuatan untuk bisa melewatinya. Perceraian memang bukan hal yang baik, maka dari itu setiap kaum muslimin harus benar – benar mempertimbangkan jika akan memasuki fase tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY