Puasa Muharram 2023 Selain Puasa Asyura, Apa Saja?

0
404
Puasa-Muharram-2023

Puasa Muharram 2023 – Memasuki bulan Muharram, ada banyak amalan sunnah bagi ummat Islam. Salah satunya adalah puasa. Sobat Cahaya Islam pasti sudah tidak asing dengan puasa Asyura, yaitu puasa di tanggal 10 Muharram. Selain punya banyak keutamaan, puasa Asyura juga sudah sangat populer. Namun, ternyata masih ada banyak lagi puasa-puasa sunnah di bulan Muharram.

Puasa Muharram 2023: Puasa Tasu’a

Rasulullah men-sunnah-kan ummat Islam untuk berpuasa sehari sebelum puasa Asyura. Ya, puasa tanggal 9 Muharram (tasu’a) termasuk puasa sunnah agar tidak menyamai ibadah kaum Yahudi & Nasrani. Pasalnya, mereka sangat mengagung-agungkan hari Asyura (10 Muharram).

Puasa Tanggal 11 Muharram

Masih untuk membedakan puasa kaum Muslimin dengan Yahudi di Madinah, Rasulullah juga men-sunnah-kan puasa pada tanggal 11 Muharram. Jadi, ummat Muslim bisa berpuasa 3 hari berturut-turut pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram. Jika tidak mampu, kita bisa berpuasa 2 hari berturut-turut yaitu tanggal 9 dan 10 atau 10 dan 11 Muharram. Atau, berpuasa hanya pada salah satu tanggal 9, 10, atau 11 Muharram juga boleh.

Puasa Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis adalah puasa yang sudah tidak asing di telinga ummat Islam. Kita bisa melaksanakannya setiap hari Senin dan Kamis, kecuali di hari-hari haram berpuasa. Begitu juga di bulan Muharram, kesunnahan puasa Senin-Kamis tetap berlaku. Selain karena Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, Rasulullah mengerjakan puasa Senin-Kamis karena amal perbuatan kita dihadapkan pada Allah pada hari-hari tersebut.

Puasa Ayyamul Bidh

Selain itu, kita juga bisa melakukan puasa Ayyamul Bidh setiap bulan. Sunnahnya puasa Ayyamul Bidh bisa kita lihat dalam hadits dari Ibnu Milhan Al Qoisiy di bawah ini:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (1)

Artinya, puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan adalah sunnah, termasuk di bulan Muharram. Namun, ada pengecualian yaitu tanggal 13 Dzulhijjah karena termasuk hari tasyriq di mana ummat muslim haram berpuasa pada hari-hari tasyriq.

Apakah sobat Cahaya Islam ingin berpuasa pada bulan Muharram ini? Maka, penting untuk mengetahui jadwalnya. Sebagai informasi, Puasa Tasu’a jatuh pada tanggal 27 Juli 2023 sedangkan Puasa Asyura jatuh pada tanggal 28 Juli 2023. Sementara itu, Puasa 11 Muharram jatuh pada tanggal 29 Juli 2023. Kemudian, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada tanggal 31 Juli, 1 Agustus, dan 2 Agustus 2023. Semoga Allah memudahkan sobat Cahaya Islam yang berniat untuk melakukan puasa-puasa sunnah di bulan Muharram ini.


Referensi:

(1) Abu Daud No. 2449

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY