Wirda Masur dan Kabar Perjodohan, Begini Pandangan Islam tentang Perjodohan Anak

0
103

Wirda Mansur – Wirda Mansur dikabarkan akan dijodohkan oleh sang ayah, Ustaz Yusuf Mansur dengan anak almarhum Syekh Ali Jaber, yaitu Hasan Ali Jaber. Kabar ini langsung viral dan heboh di kalangan netizen saat Ustaz Yusuf Mansur melontarkan tawaran kepada Hasan agar berjodoh dengan Wirda.

Wirda Mansur sendiri adalah putri sulung Ustaz Yusuf Mansur yang kini sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Oxford. Di usia yang masih terbilang muda, Wirda telah banyak menorehkan prestasi dan bisa dibilang anak muda yang sukses. Selain memiliki channel youtube yang diberi nama “Wirda Mansur Channel”, gadis berusia 19 tahun ini juga telah menjadi bos di beberapa bisnis garapannya.

Wirda Mansur diketahui telah memiliki brand pakaian wanita sendiri yang dinamai WirdaMae. Dia juga memiliki website resmi untuk transaksi dengan pembeli. Selain pakaian, Wirda juga memiliki bisnis produk kosmetik yang dinamai “WakeUpMakeUp”. Wirda juga memiliki bisnis tour and travel umroh, haji, dan wisata yang dinamai “Wisatahati Tour and Travel”. Wirda juga telah menulis beberapa buku, loh.

Sosoknya yang giat dan terbilang sukses ini tidak dijodohkan sang ayah dengan sembarang orang. Diketahui Hasan Ali Jaber merupakan putra sulung dari almarhum Syekh Ali Jaber. Tawaran Ustaz Yusuf Mansur itu disampaikan pada saat acara Siraman Qalbu yang tayang di televisi. Namun, belum ada tanggapan dari Hasan Ali Jaber terkait pertanyaan yang disampaikan Yusuf Mansur.

Sobat Cahaya Islam, perjodohan di era tahun 2000-an nampaknya mulai ditinggalkan para masyarakat. Hanya saja pada beberapa orang hal ini masih menjadi adat istiadat dalam keluarga masing-masing. Wirda Mansur sendiri belum mengonfirmasi apa yang ayahnya sampaikan dalam tayangan Siraman Qolbu tersebut kepada Hasan Ali Jaber. Lalu, bagaimana pandangan Islam mengenai perjodohan?

Wirda Mansur dijodohkan, Simak Ulasan tentang Perjodohan dalam Islam

Kabar perjodohan antara Wirda Mansur (19 tahun) dengan Hasan Ali Jaber (20 tahun) menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen sosial media. Pasalnya putri sulung Ustaz Yusuf Mansur ini dulu juga pernah dijodohkan dengan pemuda selain Hasan tetapi Wirda menolak. Belum ada pernyataan resmi dari Wirda terkait kabar perjodohannya dengan Hasan. Lalu, bagaimana perjodohan itu sendiri dalam Islam?

1.     Etika Perjodohan

Dalam Islam perjodohan diatur oleh orangtua. Namun, tidak ada aturan dalam Islam yang menyatakan bahwa anak seorang pejabat sebaiknya dijodohkan dengan anak pejabat juga. Dalam hal ini hendaknya orangtua menjodohkan anak perempuannya dengan laki-laki yang baik dalam segi agama utamanya, dan segi-segi lainnya.

Lalu, bagaimana mengetahui perjodohan tersebut diterima oleh si perempuan atau ditolak? Dalam hadist yang diriwayatkan Muslim seorang gadis yang dijodohkan dan diam maka dapat diartikan setuju dengan perjodohan tersebut. Jika sang gadis menangis sambil terisak, hal tersebut dianggap bahwa sang gadis menolak atas perjodohan itu. Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz-Dzariya: 49).

2.     Bolehkan Memaksa Menjodohkan Anak?

Perihal jodoh, rezeki, dan mati adalah sesuatu yang menjadi rahasia Allah. Saat perempuan memiliki seseorang yang dianggap dapat membimbing menuju jannah-Nya akan tetapi orangtua malah menjodohkan dengan pilihan yang terbaik versi orangtua. Lalu, bagaimana? Dalam Islam hal ini haruslah dengan persetujuan sang anak perempuan yang mau dijodohkan.

Sobat Cahaya Islam, dari kabar perjodohan Wirda Mansur dengan Hasan Ali Jaber dapat menjadi pelajaran untuk kita saat akan memilih seorang pasangan dan bagaimana sikap kita saat orangtua kita menjodohkan dengan orang lain yang dianggap paling baik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY