Mengkonsumsi Alkohol Bisa Mengakibatkan Kanker Testis

0
292
Kanker Testis

Kanker Testis – Mengkonsumi alkohol ternyata bisa meningkatkan resiko terkena kanker testis. Hal ini berdasarkan kutipan dari situs Halodoc, menyebutkan meminum alkohol akan meningkatkan resiko kanker testis.

Kanker testis merupakan penyakit ganas yang berasal dari sel-sel testis. Dibandingkan dengan penyakit kanker lain, kanker testis jarang sekali terjadi. Kanker ini sring ditemukan pada pria usia 15-30 tahun.

Bagian-Bagian Kanker Testis

Testis sendiri merupakan organ seks pada pria. Berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormon testostoren, berpengaruh pada fungsiorgan vitalpria dan pertumbuhan hormon. Kanker  ini dibagi beberapa bagian;

1.       Germ Cell

Merupakan jenis kanker testis yang sering ditemui. Kanker ini dibagi menjadi dua bagian, yakni;

  • Seminoma, kanker ini tumbuh dan cara penyebarannya lebih lambat dibandingkan nonseminoma.
  • Nonseminoma, memilik banyak variasi dalamjenis sel, prognis, dan perkembangan. Salah satu jenisnya tumbuh dengan cepat dan agresif.

2.       Tumor Storma

Sel jenis ini berkembang dari jaringan pendukung pada ssekitar selgemimal testis. Tumor ini sangat jarang dan presentasenya hanya 5% saja. Terbagagi menjadi dua bagian;

  • Tumor sel lyeding, berfungsi untuk memproduksi hormon tetostoren pria.
  • Tumor sel sertoli, brerfungsi mendukung serta memelihara sperma dalam testis.

Gejalanya yakni, terdapat benjolan disalah satu testis. Kemudian skrtum terasa berat, nyeri pangkal paha atau perut bagin bawah, sakit punggung, dan nyeri pada payudara. Penyebabnya belum diketahui pasti, tapi mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko terkena kanker testis.

Untuk melakukan diagnosis kanker testis, dokter terlebih dahulu menanyakan riwayat penyakit secara rinci. Lalu dilakukan pemeriksaan testis dan pemriksaan penunjang lainnya, untuk menymournakan diagnosis kanker testis dengan pengecekan darah.

Kanker Testis

Pemeriksaan ini meliputi, pemeriksaaan hormon yang dikeluarkan oleh sel-sel kanker pada darah yang bisa menjadi pertanda kanker testis. Pertandanya antara lain; AFP,HCG, dan LDH. Selain itu juga perlu dlakukan USG Skrotum untuk melihat kondisi bagaian dalam testis yang mengalami peruahan akibat kanker testis.

Penjelasan tentang Khmar atau Alkohol menurut Islam

Lalu, bagaimana pandangan islam mengenai khamar atau alkohol? Berikut penjelasannya.

Alkohol dalam Islam

Allah berfirman melalui Al-Baqarah ayat 219, dijelaskan:

“Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.”

 (QS. Al-Baqarah: 219).

Juga dalam surah An-Nissa: 43

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

 (QS An-Nisa ayat 43).

Rasulullah juga brsabda:

“Tidak akan masuk surga orang yang senantiasa minum khamr, orang yang percaya atau membenarkan sihir, dan orang yang memutuskan tali silaturrahim. Barangsiapa mati dalam keadaan minum khamr (mabuk) maka Allah kelak akan memberinya minum dari sungai Ghuthah. Yaitu air yang mengalir dari kemaluan para pelacur, yang baunya sangat mengganggu para penghuni neraka.”

 (Isnadnya dha’if. Diriwayatkan oleh Ahmad (4/399), Al-Hakim (4/146), Ibnu Hibban (5346)

Alasan Islam Melarang Minum Alkohol

Seperti  Sobat Cahaya Islam baca, bahwa hukum mengkonsumsi khamar adalah haram. Beberapa alasan ini menjadikan khamar dilarang dalam islam:

1.       Dosa Besar

Berdasarkan surah Al-Baqarah ayat 219 mengkonsumsi alkohol atau khamar merupakan salah satu dosa besar. Meski keduanya memiliki manfaat bagi manusia, tapi dosanya lebih besar.

2.       Menghilangkan akal pikiran

Sobat Cahaya Islam pasti tahu, meminum khamr bisa membuat linglung atau hilangnya  akal pikran. Sehingga dalam surah An-Nisa: 43 melarang orang mabuk melaksanakan sholat.

3.       Tidak akan masuk surga

Sesuai dengan hadits nabi di atas orang yang meminum khamar tidak akan masuk surga. Bahkan orang yang mati dalam keadaan mabuk akan diberi minum air Ghuthah.

Islam sudah mentukan hukumnya haram. Tapi, alkohol boleh dikonsumsi untuk kesehatan jika memang sudah tidak ada obat halal lainnya. Dengan kata lain bisa dikonsumsi asalkan ada alasan syari’.

Itulah informasi terkait kanker testis dan hukum alkohol atau sesuatu yang memabukan dalam islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY