Voice Of Murderer Film Pembunuhan, Ini Hukumnya Nonton Film Pembunuhan

0
12

Voice Of Murderer – Merupakan sebuah film yang membahas tentang pembunuhan dan penculikan dari sebuah kisah nyata yang berasal dari Korea Selatan. Film voice of murderer tersebut memperlihatkan suatu kesadisan, yaitu penculikkan seorang anak yang berakhir pada pembunuhan.

Film ini sama halnya dengan film chucky yang mana adalah sebuah boneka yang mepunyai roh jahat didalamnya. Boneka ini mengincar tubuh pemiliknya agar bisa memiliki tubuh pemiliknya dengan utuh. Perbedaan dalam kedua film ini adalah cara penyampaiannya saja dan cerita yang sedikit berbeda, tetapi maknanya sama yaitu pembunuhan.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk menghindari segala hal yang dapat menjerumuskan kita kepada kemaksiatan seperti pembunuhan dan penculikkan. Salah satunya adalah dengan menyaksikan film yang berbau pembunuhan yang sadis atau penculikkan anak-anak. Akan tetapi, film yang seperti itu justru marak di pasaran dengan jumlah penonton yang banyak. Lalu, bagaimana hukumnya dalam Islam jika kita menonton film tersebut?

Hukum Menyaksikan Film Tentang Pembunuhan dan Penculikkan dalam Islam Seperti Voice Of Murderer

Menyaksikan film tentang suatu pembunuhan dan penculikkan seperti voice of murderer dapat memicu seseorang untuk melakukan hal tersebut. Seperti orang-orang yang memiliki jiwa psikopat dan orang yang memiliki gangguan mental dan kejiwaan.

Oleh karena itu, Islam melarang kita melihat film yang mengandung unsur kesadisan karena dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang sehingga melakukan pembunuhan karena terinspirasi dari apa yang dilihatnya seperti film.

Menyaksikan film dalam Islam hukumnya adalah haram jika mengajarkan kepada penonton untuk berbuat maksiat dan melanggar perintah dari Allah. Selain itu, film tersebut juga tidak diperbolehkan apabila tidak sesuai dengan syariat Islam.

Lalu, bagaimana jika kita menyaksikan film pembunuhan atau penculikkan tersebut hanya dikarenakan hobi? Boleh saja, asalkan apa yang didalamnya dijadikan sebagai pembelajaran saja agar hal tersebut tidak terjadi pada kita nantinya.

Kita tidak boleh meniru adegan tersebut dan mencari korban yang bisa kita bunuh atau culik untuk memuaskan rasa emosional atau rasa penasaran kita saja. Jika kita melakukannya, maka kita sama saja dengan membunuh nyawa seseorang.

Sebagaimana ayat berikut:

۞ قُلْ تَعَالَوْا۟ أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ ۖ أَلَّا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۖ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَوْلَٰدَكُم مِّنْ إِمْلَٰقٍ ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ ۖ وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلْفَوَٰحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ۖ وَلَا تَقْتُلُوا۟ ٱلنَّفْسَ ٱلَّتِى حَرَّمَ ٱللَّهُ إِلَّا بِٱلْحَقِّ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّىٰكُم بِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya: Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar”. Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya) (Q.S. Al-An’am: 151).

Berikut ini adalah hukuman bagi orang yang hobi menyaksikan film pembunuhan dan penculikkan dan memperagakannya dalam kehidupan nyata, diantaranya adalah:

1.      Mendapatkan Hukuman di Dunia

Jika kita melukai atau membunuh seseorang lalu di ketahui oleh beberapa orang saksi, maka kita akan mendapatkan hukuman di dunia. Jika di Indonesia, seorang pembunuh biasanya akan dimasukkan ke dalam penjara sesuai dengan UU yang berlaku.

Akan tetapi, apabila kita memiliki gangguan kejiwaan dan membunuh karena terinspirasi dari sebuah film, maka kita akan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa dan tentu saja akan berada dalam pengawasan kepolisian.

2.      Mendapatkan Laknat dari Allah

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan Allah mengharamkan kita untuk membunuh nyawa manusia. Lalu, bagaimana jika memiliki gangguan kejiwaan? Hanya Allah saja yang tahu hukumannya.

3.      Dijauhi Manusia

Hukuman yang satu ini pasti akan dialami seorang pembunuh, baik dia memiliki gangguan kejiwaan atau tidak. Mengapa? Karena semua takut dengan apa yang dia lakukan. Kecuali, jika dia sudah berubah menjadi seseorang yang baik.

Itulah hukum menyaksikan film tentang pembunuhan dan penculikkan seperti voice of murderer. Menyaksikan voice of murderer untuk dijadikan pembelajaran bagi diri sendiri itu boleh, namun jika untuk mengetahui bagaimana cara menyiksa orang lain itu yang diharamkan. Semoga kita dijauhkan dari hal yang demikian. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!