KIP Kuliah Bekal dalam Menuntut Ilmu- Inilah Keutamaan Mencari Ilmu dalam Islam

0
74

KIP Kuliah – Pemerintah memberikan dukungan yang tinggi terhadap setiap para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kemendikbud secara resmi menyatakan bahwa KIP Kuliah tahun 2021 sudah dibuka. Hal ini sebagai salah satu peluang dan kesempatan emas yang hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sobat Cahaya Islam, untuk mencari ilmu tentu tidak ada batasan waktu dan usia. Selama masih bisa bernapas, setiap manusia diwajibkan untuk senantiasa mencari ilmu. Dukungan yang diberikan pemerintah dalam mencari ilmu melalui KIP Kuliah merupakan langkah untuk mencerdaskan dan mencetak generasi muda yang berilmu.

Islam pun sedari awal mengajarkan betapa pentingnya mencari ilmu. Hal ini sebagai salah satu bekal untuk menjalani kehidupan di dunia serta bekal menuju akhirat. Mencari ilmu memiliki berbagai keutamaan yang akan berdampak positif bagi kehidupan manusia.

Keutamaan Mencari Ilmu dalam Islam

Ilmu merupakan salah satu hal yang amat penting dalam kehidupan manusia. Sobat Cahaya Islam yang berilmu akan terhindari dari berbagai tipu daya yang menyesatkan. Oleh karena itu, mencari ilmu itu wajib bagi setiap manusia. Di antara keutamaan mencari ilmu yakni sebagai berikut.

1.   Melaksanakan Perintah Allah SWT

Menuntut ilmu adalah salah satu perintah Allah SWT, maka dari itu siapa saja yang mencari ilmu, maka taat terhadap perintah Allah SWT. Hal ini berdasar pada firman Allah SWT, yakni sebagai berikut.

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“ Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan. (Qs. Thaha: 114)”

2.   Bentuk Amalan yang Tidak Akan Terputus

Selanjutnya, keutamaan lainnya dari mencari ilmu yakni salah satu bentuk amalan yang tidak akan terputus. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam hendaknya mengamalkan amalan ini.  Dalam hal ini, ilmu yang didapatkan hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin.  

3.   Saksi Suatu Kebenaran

Keutamaan dari mencari ilmu yakni menjadi saksi suatu kebenaran. Hal ini dikarenakan ilmu yang bertebaran memiliki kandungan nilai-nilai kebenaran yang hakiki, sehingga bisa dijadikan sebagai saksi. Terdapat kebenaran dan kebaikan dalam suatu ilmu. Oleh karena itu, penting sekali untuk senantiasa mencari ilmu dalam kondisi apa pun selama belum ajal menjemput.

4.   Diangkat Derajatnya

Mereka yang mencari ilmu akan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT. Selain itu, di hadapan sesama manusia pun akan lebih terhormat dan disegani. Menuntut ilmu merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan kehidupan dunia dan akhirat yang sukses. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah SWT, tepatnya dalam surat Al-Mujadilah ayat 11.

5.   Anugerah yang Amat Besar

Keutamaan lainnya dari mencari ilmu yakni merupakan anugerah yang amat besar. Keberadaan suatu ilmu dalam kehidupan manusia merupakan salah satu anugerah yang dikaruniakan oleh Allah SWT terhadap semua hamba-hamba-Nya yang hendaknya disyukuri dengan penuh suka-cita.

Keberadaan ilmu akan menjadi penerang dalam gelapnya kebodohan. Selain itu, dengan ilmu semua manusia menjadi tahu akan suatu hal. Oleh karena itu, amat penting untuk mencari ilmu, tidak hanya anjuran semata melainkan salah satu perintah Allah SWT yang hendaknya ditaati.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulas ulasan singkat terkait keutamaan dari mencari ilmu. Semoga dengan adanya KIP Kuliah sebagai salah satu dukungan besar dari pemerintah mampu menjadi motivasi besar dalam menuntut ilmu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY