Viral Harimau Terlihat Kurus di Kebun Binatang, Bagaimana Adab Memperlakukan Hewan Dalam Islam? Ini Anjurannya!

0
27
Viral Harimau Terlihat Kurus dan Begini Pandangan Islam

Viral harimau terlihat kurus – Beberapa waktu lalu sebuah video viral di sosial media dan menarik perhatian para netizen. Dalam video tersebut terlihat seekor harimau dalam kondisi perut mengempis dan tampak kurus. Ini dikaitkan juga dengan masa pandemi yang membuat kebun binatang sepi pengunjung. Sehingga dituding bahwa kondisi harimau yang kurus ini akibat tidak diberi makan. Diketahui harimau ini berasal dari Maharani Zoo dan Goa Lamongan, dan ini dibenarkan oleh pengelola kebun binatang tersebut.

Viral Harimau Terlihat Kurus dan Begini Pandangan Islam

Anggapan masyarakat bahwa harimau yang tampak kurus ini akibat tidak diberikan makan dibantah oleh pihak kebun binatang. Pihak dari Maharani Zoo dan Goa Lamongan ini menyatakan meskipun tidak ramai pengunjung. Namun satwa di kebun binatang tetap diberikan makanan sesuai dengan standar seperti sebelumnya. Jika dikaji dalam pandangan islam, hewan merupakan makhluk Allah juga. Dalam ajaran islam, kaum muslimin dianjurkan untuk berbuat baik kepada seluruh makhluk di bumi, termasuk hewan.

Viral Harimau Terlihat Kurus dan Begini Adab Memperlakukan Hewan Dalam Pandangan Islam

Viral Harimau Terlihat Kurus dan Adab Perlakukan Hewan Dalam Islam

Viral harimau terlihat kurus dengan kondisi perut mengempis ini menimbulkan banyak anggapan dari masyarakat. Namun hal ini tidak dibenarkan oleh pihak pengelola kebun binatang itu sendiri. Dalam islam, hewan termasuk makhluk Allah yang juga harus kita sayangi. Sehingga dalam memperlakukan hewan pun ada adabnya. Meskipun ada beberapa hewan yang diperbolehkan untuk dibunuh, namun bukan berarti kita boleh seenaknya memperlakukan hewan.

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.(1)

Dalam potongan ayat ini ditegaskan bahwa kita sebagai umat muslim dianjurkan menjadi rahmat bagi semesta alam. Itu berarti, kita harus membawa kasih sayang bagi seluruh makhluk yang ada di semesta ini. Baik sesama manusia, maupun hewan. Lalu bagaimana adab memperlakukan hewan menurut islam?

Memberikan Kasih Sayang

Viral Harimau Terlihat Kurus dan Anjuran Untuk Menyayangi Hewan

Dalam memperlakukan hewan, kita dianjurkan memberikan kasih sayang. Dengan kata lain, kita harus berbuat baik kepada makhluk yang ada di bumi ini. Termasuk dengan hewan. Kasih sayang terhadap makhluk Allah bisa berupa memberikan makanan dan minuman yang cukup.

وَالْأَرْضَ بَعْدَ ذَٰلِكَ دَحَاهَا أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا وَالْجِبَالَ أَرْسَاهَا مَتَاعًا لَكُمْ وَلِأَنْعَامِكُمْ

Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. Ia memancarkan daripadanya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.(2)

Tidak Membuat Hewan Kelaparan

Tidak membuat hewan kelaparan juga salah satu anjuran ajaran islam. Jika kita berbuat demikian, itu artinya kita sama saja menyiksa hewan. Ini merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Apalagi memberikan makanan dan menyayangi hewan menjadi sebab diberikannya ampunan dan kasih sayang dari Allah SWT lho sobat Cahaya Islam. Sedangkan membiarkan hewan kelaparan bisa menjadi penyebab masuknya kita ke dalam neraka. Naudzubillah.

Viral harimau terlihat kurus – menjadi pusat perhatian masyarakat. Sehingga memunculkan anggapan bahwa harimau dibiarkan kelaparan. Dalam islam, kita memiliki adab untuk memperlakukan hewan. Jangan sampai kehilangan kebaikan-kebaikan terhadap makhluk Allah ya sobat Cahaya Islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Anbiya Ayat 107

(2) – Surat An-Nazi’at Ayat 30-33

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!