Hikmah Musibah Kilang Minyak Dumai

0
151
kilang minyak Dumai

Kilang Minyak Dumai – Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ledakan yang terjadi pada kilang minyak Dumai menjadi suatu musibah yang menyedihkan. Banyak pekerja bahkan warga sekitar ikut terdampak ledakan tersebut.

Sobat Cahaya Islam, musibah ledakan kilang minyak Dumai yang terjadi tentu merupakan takdir yang sudah ditetapkan Allah Ta’ala. Baiknya sebagai umat muslim untuk senantiasa dapat mengambil hikmah dari kejadian yang ada.

Ledakan Kilang Minyak Dumai Membuat Rugi Bandar

Sebagai manusia, fitrahnya mereka akan merasa sedih dan kecewa atas kejadian meledaknya kilang minyak Dumai. Bagaimana tidak? Kilang minyak tersebut tentu menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarga bagi warga sekitar. Namun sebaliknya, tempat yang menjadi ladang mata pencaharian malah meledak dan hampir tak bersisa.

Dalam kondisi yang seperti ini, seorang mukmin yang sejati tentu harus senantiasa bersabar dan mencari celah hikmah yang dapat diambil dalam peristiwa tersebut. Alih – alih mencari kesalahan pelakunya, alangkah baiknya bila mukmin dapat mengambil hikmah dan manfaat dari peristiwa tersebut.

Hikmah dari Musibah

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa hikmah yang dapat diambil dari musibah. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Menjadi Lebih Dekat dengan Allah

kilang minyak Dumai

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa musibah memang menjadi ajang seorang mukmin untuk mendekatkan diri pada Allah Ta’ala. Do’a – do’a yang dilisankan sudah sepatutnya hal – hal terbaik. Sebagai contoh, sebagian besar mukmin akan berdo’a untuk tetap dikuatkan dan diberikan kesabaran manakala menghadapi musibah tersebut. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 186 yakni :

  • وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya : Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

Baik kaya maupun fakir, musibah tentu menjadi momok yang mengerikan dan lebih sering dihindari. Namun, dalam kehidupan tentu saja tidak ada musibah yang bisa dihindari sebab sudah merupakan hal yang pasti dan mutlak.

2.    Menjadi lebih Berhati – Hati

Terlepas dari human error atau alat yang rusak, tentu musibah tersebut akan menjadi reminder kuat bagi para karyawan dan pemegang kuasa untuk selalu berhati – hati. Sikap berhati – hati (wara’) dalam segala hal akan memberikan kebaikan tersendiri bagi mukmin. Selain selamat, berhati – hati juga bagian dari perintah Allah Ta’ala. Tujuannya agar tidak beramal secara serampangan dan malah memberikan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

3.    Menjadi Ladang Sedekah bagi yang Mampu

kilang minyak Dumai

Musibah ledakan tersebut secara tidak langsung akan memberikan kesempatan bagi siapapun untuk berbagi dan turut membantu para korban yang terdampak. Tentu hal ini akan lebih disenangi oleh Allah Ta’ala dan malah berbuah pahala bila dilaksanakan dengan ikhlas. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah 271 :

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Walaupun bantuan pemerintah pasti ada, namun tidak menutup kemungkinan sedekah yang diberikan oleh para aghniya’ (orang mampu) akan mengurangi beban para korban. Selain itu, berbagi sendiri merupakan suatu aktivitas yang sangat baik bagi umat Islam untuk senantiasa dilaksanakan secara istiqamah.

Nah sobat Cahaya Islam, demikian ulasan berkenaan dengan musibah ledakan kilang minyak Dumai dan beragam hikmah yang dapat diambil oleh para mukminin. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY