Ustaz Ahmad Maafkan Pelaku Pengancaman, Ini Lho Manfaat Memaafkan Bagi Diri Sendiri Menurut Islam

0
24
Ustaz Ahmad Maafkan Pelaku Pengancaman dan Manfaat Memaafkan Menurut Islam

Ustaz Ahmad maafkan – Sebelumnya Ustaz Ahmad Tajul ini mendapatkan ancaman dari orang yang pernah diobatinya. Ancaman tersebut berupa ucapan bahwa dirinya akan digorok lehernya oleh pelaku. Tentu saja seketika pelaku diamankan oleh pihak kepolisian dan juga akan diperiksa kejiwaannya. Namun baru-baru ini sang Ustaz mengaku telah memaafkan pelaku ancaman terhadap dirinya. Ia mengatakan bahwasanya ini cukup menjadi pelajaran saja agar tidak terulang dan juga diselesaikan secara kekeluargaan.

Ustaz Ahmad Maafkan Pelaku Pengancaman dan Manfaat Memaafkan Menurut Islam

Memaafkan adalah salah satu sikap yang terpuji. Bahkan dalam ajaran islam pun, kaum muslimin dianjurkan untuk saling memaafkan. Apa yang dilakukan oleh ustaz Ahmad Tajul tentu saja menjadi cerminan sikap dari seorang muslim yang beriman. Meskipun sebenarnya memaafkan juga membutuhkan hati yang lapang dan kesabaran yang luas. Namun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memaafkan orang lain lho sobat CahayaIslam.

Ustaz Ahmad Maafkan Pelaku Pengancaman, Ini Manfaat Dari Memaafkan Bagi Diri Sendiri Menurut Islam

Ustaz Ahmad Maafkan Pelaku Pengancaman

Ustaz Ahmad maafkan pelaku yang melakukan ancaman akan menggorok dirinya. Ia juga menyebutkan bahwa keluarga pelaku sudah datang menemuinya. Dan memutuskan untuk menyelesaikan dengan kekeluargaan dan saling memaafkan. Kata “maaf” mungkin terdengar sangat sederhana, padahal tidak semua orang mampu berbesar hati untuk memaafkan  kesalahan orang lain. Namun sebagai seorang muslim yang menanamkan nilai-nilai islam, memaafkan adalah salah satu ajaran islam dan disukai oleh Allah SWT.

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.(1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya memaaafkan lebih baik dibandingkan membalas kejahatan dengan kejahatan. Dan ditegaskan bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim. Itu artinya memaafkan adalah salah satu sikap yang Allah cintai dari seorang muslim. Yang perlu sobat CahayaIslam ketahui, bahwasanya ada manfaat untuk diri sendiri dibalik sikap memaafkan lho.

Membuat Hati dan Hidup Tenang

Ketenangan hidup tentu saja menjadi dambaan bagi setiap orang. Ini akan membuat hidup terasa mudah, tidak merasa susah dan juga dipenuhi dengan keikhlasan. Itu sebabnya, memaafkan adalah salah satu sikap yang harus dimiliki seorang muslim. Dengan memaafkan  akan menjadikan hidup kita lebih tenang. Tidak ada perasaan marah, benci apalagi dendam yang bisa menggerogoti iman dalam diri kita. Naudzubillah.

Menjadi Pahala Bagi Kita

Manfaat dari memaafkan untuk diri sendiri diantaranya menjadikan pahala bagi kita. Memaafkan adalah perbuatan yang baik, bahkan ini juga dijelaskan dalam ayat Al Quran. Dan juga sekecil apapun kebaikan yang kita perbuat tentu saja ada balasannya. Begitu juga saat seseorang berbesar hati untuk memaafkan, maka pahala baginya.

Ustaz Ahmad maafkan – pelaku yang mengancam dirinya. Ini aalah bentuk sikap seorang muslim yang disukai oleh Allah SWT. Tidak memelihara dendam dan tidak menyimpan kebencian. Dengan memaafkan, ini bisa menjadi jembatan bagi amalan kita dan juga hubungan silaturahmi yang baik dengan sesama. Yuk saling memaafkan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 40

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY