Program Beasiswa Bagi Guru Dari Kemendikbud, Tahukah? Ini Peran Guru Dalam Pandangan Islam

0
25
Program Beasiswa Bagi Guru dan Peran Guru Dalam Islam

Program beasiswa bagi guru – Kemendikbud yang mana bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI. Memutuskan untuk membuka pendaftaran Program Beasiswa Pendidik bagi guru. Program beasiswa dengan kualifikasi S-2 bagi guru ini bisa diikuti dengan syarat dan ketentuannya. Adanya program ini, tentu saja merupakan kesempatan bagi para guru untuk menuntut ilmu lebih banyak lagi. Dan mempersiapkan diri menjadi pendidik yang lebih baik lagi.

Program Beasiswa Bagi Guru dan Peran Guru Dalam Islam

Guru dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, hal ini karena entah berapa banyak kebaikan yang dilakukan oleh seorang guru. Itu sebabnya, dalam islam pun guru juga memegang peran penting lho sobat CahayaIslam. Itulah kenapa guru harus memiliki banyak ilmu dan tidak berhenti untuk menuntut ilmu. Dalam islam sendiri, kaum muslimin justru dianjurkan untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Karena kelak ilmu yang akan menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kita.

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.(1)

Program Beasiswa Bagi Guru, Ini Peran Seorang Guru Dalam Pandangan Islam

Program Beasiswa Bagi Guru dan Begini Menurut Islam

Program beasiswa bagi guru menjadi kesempatan untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi. Itu artinya, semakin banyak ilmu yang diperoleh oleh guru. Maka akan semakin banyak juga ilmu yang bermanfaat bagi generasi Indonesia. Dalam islam, guru adalah seorang yang memiliki banyak kebaikan dan kemuliaan. Apalagi ilmu adalah perkara yang dianjurkan oleh agama islam. Barangsiapa yang berilmu tentu ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(2)

Lalu bagaimana peran guru dalam pandangan islam?

Menyebarkan Ilmu Yang Bermanfaat

Peran guru dalam pandangan islam adalah seorang yang menyebarkan ilmu yang bermanfaat. Itu sebabnya guru memiliki banyak kemuliaan. Dari banyaknya ilmu yang diberikannya serta mampu menjadi manfaat bagi orang lain. Itu artinya amalannya akan terus mengalir bahkan jika ia meninggal sekalipun.

Menanamkan Nilai-Nilai Kebaikan

Sebagai  seorang guru, tentu saja harus mampu menjadi teladan bagi murid-muridnya. Itulah kenapa guru harus memiliki ilmu yang tinggi dan perilaku yang baik. Ini agar guru mampu mengemban perannya sebagai seorang yang harus menanamkan nilai-nilai kebaikan pada generasi-generasi muda.

Mencerdaskan dan Membentuk Generasi Berakhlak

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa guru memiliki tanggung jawab yang besar. Mulai dari ilmu yang diberikannya, bagaimana menjadi teladan yang baik dan juga bagaimana mencerdaskan bangsa. Dalam pandangan islam, guru berperan penting untuk membentuk akhlak generasi muda saat ini. Agar generasi mendatang bisa berakhlak dan menjalankan nilai-nilai islam dengan baik.

Program beasiswa bagi guru – menjadi kesempatan yang baik untuk menuntut ilmu lebih tinggi. Dengan harapan, guru atau para pendidik akan lebih kompeten dalam upaya mencerdaskan bangsa. Dan juga membentuk generasi mendatang yang berakhlak dan memegang teguh nilai-nilai islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ta Ha Ayat 114

(2) – Surat Al-Mujadilah Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY