UMP Jabar Tidak Naik, Bagaimana Untuk Menyikapinya Sebagai Seorang Muslim?

0
23
UMP Jabar Tidak Naik dan Perlunya Bersyukur Dalam Islam

UMP Jabar tidak naik – Upah minimum provinsi Jawa Barat kabarnya tidak naik. Itu artinya upah minimum kabupaten/kota pun juga tidak akan berubah banyak. Sementara masyarakat tentu saja mengharapkan adanya kenaikan yang berpengaruh terhadap gaji atau upah mereka. Dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan kian hari kian banyak. Itu sebabnya orang-orang berusaha untuk mencari pekerjaan yang layak. Dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan layak.

UMP Jabar Tidak Naik dan Perlunya Bersyukur Dalam Islam

Di masa pandemi sekarang ini, ekonomi memang mengalami banyak perubahan bahkan penurunan secara drastis. Tentu saja inipun berpengaruh pada penghasilan masyarakat. Bahkan sudah banyak kalangan orang yang harus rela kehilangan pekerjaannya. Namun bagaimanapun, rezeki sudah dijamin oleh Allah SWT. Itu sebabnya, kaum muslimin tidak perlu khawatir mengenai rezeki apalagi berburuk sangka terhadap rencana Allah SWT.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).(1)

UMP Jabar Tidak Naik dan Begini Kaum Muslimin Dalam Menyikapinya!

UMP Jabar Tidak Naik dan Cara Menyikapi Sebagai Muslim

UMP Jabar tidak naik tentu saja mempengaruhi upah minimum kota/kabupaten. Dan ini artinya berpengaruh juga terhadap standar perusahaan untuk memberikan upah. Sementara sebagai manusia biasa, sangatlah wajar mengharapkan adanya kenaikan gaji atau upah. Sehingga bisa hidup dan memenuhi kebutuhan dengan layak. Namun dimasa pandemi saat ini membuat perekonomian semakin sulit. Sehingga masih bekerja dan menerima upah dalam situasi sekarang ini sudah patut untuk disyukuri.

Sobat CahayaIslam, rezeki adalah suatu ketetapan yang sudah diatur oleh Allah SWT. Sehingga rezeki yang kita dapatkan sesuai dengan porsi yang menurut Allah cukup bagi kita. Oleh karena itu, mengharapkan lebih daripada yang Allah berikan rasanya menjadikan kita seorang yang tidak bersyukur bukan?

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.(2)

Lalu bagaimana menyikapi UMP yang tidak naik, dan juga upah atau gaji yang tidak naik bagi kaum muslimin?

Tetap Bersyukur Berapapun Yang Kita Dapat

UMP Jabar Tidak Naik dan Cara Menyikapi Menurut Islam

Dalam ajaran islam, kita diajarkan untuk selalu bersyukur. Bahkan dalam situasi yang sulit sekalipun. Begitu juga menyikapi perekonomian yang berubah drastis dimasa pandemi ini. Meskipun gaji atau upah tidak ada kenaikan, bahkan tidak sebanyak sebelumnya. Bersyukur tetaplah sikap yang terbaik bagi seorang muslim yang beriman.

Berprasangka Baik Kepada Allah SWT

Seringkali saat menemui musibah, kesulitan membuat kita berprasangka buruk dengan Allah. Menyangka bahwa Allah sedang mempersulit kita, tidak mengerti keadaan kita. Padahal segala yang Allah tetapkan pasti yang terbaik untuk kita, dan selalu ada hikmah dibaliknya. Itu sebabnya, untuk menyikapi situasi semacam ini kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.

UMP Jabar tidak naik – adalah suatu kondisi yang harus dimengerti pada masa pandemi ini. Sebagai seorang muslim, tidak dianjurkan untuk mengkhawatirkan rezeki karena Allah sudah menjamin rezeki bagi tiap-tiap makhlukNya. Demikianlah sobat CahayaIslam, beberapa cara menyikapi saat rezeki yang kita dapatkan tidak seperti yang diharapkan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Hud Ayat 6

(2)- Surat Asy-Syura Ayat 27

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY