Pasukan Marinir Tertibkan Demonstran Tanpa Kekerasan, Ini Manfaat Ciptakan Perdamaian Menurut Islam!

0
26
Pasukan Marinir Tertibkan Demonstran

Pasukan marinir tertibkan – Beberapa waktu lalu, kebijakan Omnibus Law menimbulkan banyak kerusuhan karena adanya unjuk rasa dimana-mana. Unjuk rasa besar-besaran seringkali sulit dikendalikan yang akhirnya berakhir dengan tindakan kekerasan. Apalagi oknum-oknum polisi yang ikutserta melakukan tindak kekerasan kepada demonstran, membuat situasi semakin ricuh. Namun berbeda dengan pasukan marinir yang terlihat berhasil menertibkan demonstran tanpa adanya kekerasan. Personil yang mendapat julukan hantu laut ini.

Pasukan Marinir Tertibkan Demonstran

Pengamanan demonstran yang dilakukan oleh pasukan marinir di Ibu Kota ini menjadi salah satu bukti. Dimana tindakan simpatik ternyata cukup efektif untuk menertibkan massa. Sehingga tanpa perlu adanya kekerasan, massa bisa diamankan dengan tertib dan damai. Sobat CahayaIslam, perdamaian adalah salah satu ajaran yang dibawa oleh agama islam. Itu sebabnya, islam menganjurkan kedamaian dalam setiap aspek kehidupan.

Pasukan Marinir Tertibkan Demonstran Tanpa Kekerasan, Ini Manfaat Menciptakan Perdamaian Menurut Islam

Pasukan marinir tertibkan demonstran tanpa kekerasan menjadi salah satu bukti bahwa unjuk rasa pun bisa diakhiri tanpa kerusuhan. Jika sebelumnya masyarakat mengecam tindakan oknum polisi yang bertindak kekerasan. Tindakan pasukan marinir ini justru menjadi cerminan bahwasanya tidak semua oknum aparat bertindak kekerasan. Dalam beberapa aksi demonstran yang terjadi justru terlihat pasukan marinir berhasil membubarkan massa dengan tertib. Bentuk perdamaian inilah yang diajarkan dan dianjurkan oleh islam.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.(1)

Ayat diatas mencerminkan bahwasanya Allah tidak menyukai perselisihan. Itu sebabnya, agama islam membawa dan mengajarkan perdamaian. Terlebih lagi ada banyak manfaat bagi kaum muslimin yang menciptkan kedamaian lho, apa saja?

Pasukan Marinir Tertibkan Demonstran dan Perdamaian Dalam Islam

Mempererat Hubungan Baik Dengan Sesama

Dengan membawa perdamaian dalam setiap aspek kehidupan, maka ini akan berpenngaruh terhadap hubungan dengan sesama. Menciptakan perdamaian akan membuat hubungan baik kita dengan sesama semakin erat. Dari hubungan baik inilah yang akan menghantarkan pada berbagai kebaikan.

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.(2)

Pasukan marinir tertibkan demonstranerhindar Dari Perselisihan

Manfaat dari menciptakan perdamaian, diantaranya terhindar dari perselisihan atau permusuhan. Sehingga dengan ini kita tidak terjerumus ke dalam dosa. Apalagi Allah tidak menyukai perselisihan, dan bahkan dalam firman-Nya diperintahkan bagi kaum muslimin untuk mendamaikan kaum-kaum yang saling berselisih.

Pasukan marinir tertibkan – demonstran tanpa adanya kekerasan salah satu bukti perdamaian. Adanya perdamaian justru menciptakan banyak  manfaat, dibandingkan perselisihan yang akhirnya membawa berbagai keburukan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 10

(2) – Surat An-Nisa’ Ayat 114

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY