Siapkah Kamu Menentukan Pilihan Antara Surga dan Neraka?

0
1094
surga dan neraka

Surga dan neraka – Sobat Cahaya Islam, seperti kita ketahui setelah kehidupan di dunia kita akan kembali ke akhirat. Nantinya akan ditentukan tempat mana yang akan Sobat tempati, diantar dua pilihan yakni surga dan neraka.

Surga digambarkan sebagai tempat peristirahatan yang sangat indah, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan di sana.

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.”

(QS. Az-Zumar: 73)

Dan neraka, merupakan tempat kembali berisi penyiksaan bagi orang-orang yang berbuat keburukan dan menyalahi aturan Allah selama di dunia.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.”(QS. An-Nisa: 145)

Neraka dan Surga, keduanya memiliki tingkatan tersendiri. Tingkatan yang berbeda-beda juga memiliki level kenikmatan dan siksaan yang berbeda. Kali ini, kita akan membahas nama-nama surga dan neraka yang perlu Sobat Cahaya Islam ketahui.

Nama-nama Surga dan Neraka

1.       Nama-nama Surga

surga dan neraka

Yang akan pertama kali kita bahas adalah nama-nama surga dan orang yang akan menghuninya kelak.

  • Surga Firdaus, merupakan surga dengan tingkatan tertinggi dan diciptakan dari bongkahan emas. Orang-orang yang akan menghuni, adalah orang yang senantiasa khsuyuk dalam sholat, menjaga diri dari perbuatan zina, menunaikan zakat, dan selalu taat kepada Allah SWT.
  • Surga Adn, Allah menciptakan surga Adn dari intan putih. Akan dihuni oleh Hamba Allah yang memiliki kesempurnaan iman serta islam, dan mereka yang selalu bersikap sabar.
  • Surga Na’im, selanjutnya surga yang terbuat indah dari perak putih. Allah menciptakan surga ini khusus bagi mereka yang beriman kepada-Nya dan sering mengerjakan amal shaleh.
  • Surga Ma’wa, Surga ini akan menjadi tempat kembali bagi orang yang bertakwa, mampu menahan hwa nafsu, beramal sholeh, dan menyakini kuasa Allah SWT.
  • Surga Darusslam, surga yang tercipta dari batu yaqut merah. Penghuninya orang yang bertakwa, dan sering merenungkan kebesaran Allah.
  • Darul Muqamah, Allah menciptakan surga ini dari permata putih. Penghuninya merupakan orang yang teguh pada iman dan islam, memperbanyak bersyukur, dan merupakan ahli syukur.
  • Maqamul Amin, Surga ini dikhususkan bagi mereka yang benar-benar memiliki ketaqwaan pada Allah.
  • Surga Khuldi, Sang Pencipta membuat surga ini dari batu marjan merah dan kuning. Penghuninya merupakan orang yang taat untuk menjalankan perintah Allahh.

Itulah nama-nama surga yang perlu Sobat Cahaya Islam ketahui. Berikutnya, kita bahas nama-nama neraka.

2.       Nama-nama Neraka

surga dan neraka

Neraka merupakan tempat manusia mendapat balasan atas perbuatan dosanya. Ada beberapa tingkatan neraka dengan kadar siksaan yang berbeda. Di bawah ini, daftarnya.

  • Jahanam, tempat kembali bagi pelaku dosa besar, durhaka pada Allah, orang munafik, mengikuti langkah setan dan orang pelit.
  • Lazha, digambarkan memilki kobaran api yang hebat dan menyala-nyala. Neraka ini disiapkan untuk orang tidak mau mengikuti ajaran Rasulullah dan enggan sedekah.
  • Huthamah, manusia dalam neraka ini adalah orang yang suka mencela, tidak mau sedekah, dan pelit.

“5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? 6. (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan.”(QS. Al-Humazah: 5-6)

  • Neraka Sa’ir, neraka ini menjadi peringatan bagi orang yang tidak mau zakat,. Memakan harta anak yatim, menetang nabi dan Rasul, mendustakan hari kiamat dan memakan harta yang bukan haknya.
  • Neraka Saqar, neraka yang panas membakar manusia sombong dan mendustakan Al-Qur’an, tidak sholat dan tidak memberi makan orang miskin.
  • Neraka Jahim, digambarkan tempat dengan api yang menyala-nyala di sebuah jurang atau lubang. Penghuninya para pecinta dunia  dan mendustakan ayat Allah.
  • Neraka Wali, diisi oleh orang yang lalai terhadap sholatnya, pelaku riya, curang, hubbudunya, dan melalaikan panggilan Allah.
  • Neraka Hawiyah, diperuntukan bagi orang yang ringan amal baiknya.

Dengan mengetahui nama-nama neraka dan surga semoga membuat kita lebih taat beribadah. Sekian artikel ini dibuat, semoga memberi manfaat bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY