Tips Islami: Hargai Sekecil Apapun Kebaikan Orang Lain

0
77
Tips Islami: Hargai Sekecil Apapun Kebaikan Orang Lain

Tips islami muslim mulia – Siapa sih sobat cahayaislam disini yang nggak mau menjadi satu pribadi yang dikategorikan sebagai muslim yang mulia? Semua orang ingin menjadi salah satunya. Namun sebenarnya apa sih yang menjadikan seseorang dikatakan sebagai orang yang mulia. Tentu kita tidak boleh berpikiran dangkal dengan mengatakan bahwa orang mulia adalah dia yang memiliki banyak harta atau pangkat yang tinggi. Kemuliaan versi Allah dan Rasul lebih dari itu. Berikut ini Tips Islami: Hargai Sekecil Apapun Kebaikan Orang Lain

Tips Islami: Hargai Sekecil Apapun Kebaikan Orang Lain

Ada satu nukilan hadits riwayat Ahmad yang cukup terkenal berbunyi seperti ini:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Bahwa sebaik baiknya manusia adalah dia yang eksistensinya berhasil dan mampu membawa manfaat bagi orang lain dalam hidupnya. Tentu saja, menjadi bermanfaat bagi orang lain tidaklah harus berkuasa atau beruang banyak lalu mendermakan banyak yang dimiliki kepada khalayak ramai. Sobat cahayaislam bisa melakukan itu dengan satu hal sederhana: Menghargai orang lain

Tidak meremehkan sebuah kebaikan walaupun terlihat remeh

Siapa sih orang yang tidak merasa nyaman ketika dia dihargai? sikap dan karakter menghargai orang lain inilah yang seharusnya dijadikan pegangan oleh kita sebagai orang beriman. Karena dengan itu, kita bisa mewujudkan banyak kebaikan dalam hidup ini.

حَدَّثَنِي أَبُو غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ، – يَعْنِي الْخَزَّازَ – عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ قَالَ لِيَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Abu Dharr melaporkan: Rasul Allah (ﷺ) berkata kepada saya: Jangan menganggap sesuatu yang tidak penting dari hal-hal baik bahkan jika Anda bertemu saudara Anda dengan wajah ceria. [1]

Dalam hadits Muslim 2626 diatas bahkan Rasulullah memerintahkan para sahabat dan kaum islam untuk tidak mengabaikan kebaikan saudaranya walau sekecil apapun. Walaupun itu hanya seremeh dengan melemparkan senyum.

Lakukan tindakan penghargaan sederhana dalam kehidupan sehari hari, jangan menjadi orang sombong

Dari hadits yang dinukil diatas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita bisa secara sederhana melakukan wujud penghargaan dengan hal remeh. Jauhi meremehkan, karena tindakan meremekan dinilai Rasulullah sebagai tabiat orang sombong, seperti yang dijelaskan dalam hadits Riyadus Sholihin 612 dibawah ini:

وعن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه عن النبى صلى الله عليه وسلم قال‏:‏ “لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقال ذرة من كبر” فقال رجل” إن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسناً ونعله حسناً‏؟‏ قال‏:‏ “إن الله جميل يحب الجمال الكبر بطر الحق وغمط الناس” ‏(‏‏(‏رواه مسلم‏)‏‏)

Misalnya ucapkan terima kasih ketika seseorang membantu kita. Katakan sayang kepada orang orang terkasih, peluk mereka dengan hangat. Untuk para suami mungkin bisa membantu sedikit pekerjaan istri yang perlu bantuan, untuk istri mungkin bisa melayani suami dengan ramah dan bahagia. Jadilah diri yang selalu hangat dan bersedia menjadi orang yang akan menghargai sekecil apapun kebaikan orang lain dalam hidup kita.

***

Kira kira itulah sedikit tips islami muslim mulia yang bisa kita bagi kali ini. Semoga setelah kita tahu bahwa kita bisa menunjukkan penghargaan kita pada orang lain lewat hal hal sederhana, maka kita bisa mencoba untuk membiasakannya setiap saat. – Semoga bermanfaat.


Catatan Kaki:

[1] H.R. Sahih Muslim no. 2626

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!